Sejarah tentang Olahraga Lari


Banyak orang bertanya-tanya sejarah tentang olahraga lari. Apakah lari termasuk cabang olahraga atletik? Sejak kapan olahraga lari masuk dalam cabang atletik? Apa saja jenis-jenis dari cabang olahraga ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita harus menilik jauh ke tahun 766 SM saat Olimpiade pertama kali diadakan. Pada saat itu, atletik merupakan cabang olahraga asli yang diperlombakan.

Pada Olimpiade pertama itu lari adalah satu-satunya cabang olahraga atletik. Pada perkembangan selanjutnya, cabang atletik yang diperlombakan tidak hanya terdiri dari olahraga lari saja, tetapi sudah ditambah dengan olahraga melempar, serta terdapat pula cabang olahraga lain, seperti gulat, perlombaan kereta kuda, dan pertempuran gladiatoral.

Pada abad ke-19 mulai muncul organisasi formal olahraga lari dan dimulai pula perlombaan-perlombaan olahraga reguler. Sejak saat itulah olahraga lari mengalami perkembangan yang pesat. Jika pada awal kemunculannya belum ada klasifikasi khusus pada olahraga lari, pada abad ke-19 itu mulai dibuat klasifikasi olahraga lari secara jelas.

Olahraga Lari

Olahraga lari memiliki 3 klasifikasi, yaitu olahraga lari berdasarkan jarak yang ditempuh, lintasan yang dilewati, dan jumlah peserta, serta jumlah perlombaan yang dilakukan. Berdasarkan jarak yang ditempuh, olahraga lari terbagi menjadi tiga jenis.

Pertama, lari jarak pendek atau sprint dengan jarak yang ditempuh adalah 60-400 meter. Kedua, lari jarak menengah atau middle distance dengan jarak yang ditempuh adalah 800-1500 meter. Ketiga, lari jarak jauh atau marathon dengan jarak yang ditempuh adalah 3000-42.195 meter.

Berdasarkan lintasan yang dilewati, olahraga lari terbagi menjadi empat jenis. Pertama, lari di lintasan tanpa melewati rintangan. Kedua, lari lintas alam. Ketiga, lari halang rintang. Keempat, lari gawang.

Berdasarkan jumlah peserta dan jumlah perlombaan yang dilakukan, olahraga lari terbagi menjadi dua. Pertama, lari estafet yang terdiri dari empat orang pelari. Jarak yang paling sering diperlombakan pada lari estafet adalah 400 meter, 800 meter, dan 1.600 meter. Kedua, perlombaan lari gabungan atau combined event.

Setelah mengetahui sejarah tentang olahraga lari di atas, apakah Anda tertarik untuk menekuni salah satu dari olahraga lari di atas? Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan Anda mengenai dunia olahraga lari.

Selanjutnya : Artikel Konflik Karena Perbedaan Persepsi
Sebelumnya: Bahan Sintetis pada Kain
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar