Sejarah Tentang Software Perangkat Lunak

Sejarah tentang software perangkat lunak dibagi menjadi dua generasi, yaitu generasi pertama dan generasi kedua. Generasi perangkat lunak ada pula yang menyebutkan ada empat era, yaitu era pemula, era stabil, era mikro, dan era modern.

Perangkat lunak terdapat pada perangkat keras komputer, perangkat lunak inilah yang menjalakan segala program aktifitas di dalam komputer. Software perangkat lunak didesain menggunakan bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman inilah perintah yang diciptakan oleh manusia yang dituangkan dalam perangkat lunak untuk menjalankan suatu sistem.

Ada tiga perangkat lunak pada komputer, yaitu perangkat sistem operasi, perangkat lunak bahasa, dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem operasi bertugas untuk mengkoordinasikan sekaligus sebagai pengendali segala akftifitas sistem komputer. Program yang berfungsi sebagai penerjemah instruksi tertentu dalam bahasa pemprogrman disebut sebagai perangkat lunak bahasa. Sedangkan perangkat lunak aplikasi adalah suatu program yang didesain untuk menyelesaikan beberapa aplikasi yang ada di perangkat lunak.

Sejarah tentang software perangkat lunak sempat mengalami metamorfosis dan evolusi beberapa kali. Penasaran apa saja bentuk evolusi tersebut? Penjelasan dan penjabaran bisa disimak seperti di bawah in

Era Pemula

Pioner adalah nama lain dari era pemula. Pada era ini, perangkat lunak pertama kali berbentuk sangat sederhana. Pertama kali perangkat lunak ini berupa sambungan kabel yang disambungkan dari bagian satu ke bagian yang lain di dalam komputer. Keunikan dalam pemakaian komputer pada era pemula ini menggunakan punched card, semacam melubangi kartu terlebih dahulu untuk mengaksesnya.

Era Stabil

Era pioner berevolusi menjadi era stabil, di mana perangkat lunak berkembang lebih memadai dengan tampilan dan kemasan yang lebih baik. Perangkat lunak mulai dapat digunakan oleh kalangan akademis, karyawan, dan perusahaan. Banyaknya pengguna di era stabil inilah membuat perangkat lunak untuk mulai melakukan proses multitasking, bahkan kemampuannya lebih cepat dan multiuser.

Era Mikro

Jika era stabil sudah berjalan dengan baik, evolusi era mikro lebih berkembang dengan tampilan yang lebih bagus lagi. Kali ini, era mikro lebih luas dalam menangani perangkat lunak. Ada perangkat lunak sistem yang bekerja menangani bagian internalnya, ada pula perangkat khusus yang menangani perangkat lunak aplikasi

Era Modern

Era modern adalah era puncak dunia digital. Saat ini era digital perangkat lunak belum ada yang menandingi kehebatannya. Satu komputer mampu memiliki 25 prosesor dan dilengkapi oleh perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC dan beberapa alat elektronik lain seperti ponsel, TV, dan lain-lain.

Inilah sejarah tentang software perangkat lunak yang dari masa ke masa. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Masalah Sosial yang Ada di Indonesia
Sebelumnya: Kentang, Salah Satu Contoh Tumbuhan Berkeping Satu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar