Sejarah Terbentuknya Bumi


Bumi adalah salah satu planet di alam semesta ini. Berada dalam urutan ketiga dari Matahari setelah planet Merkurius dan planet Venus. Bumi menjadi satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup dan terdapat kehidupan di dalamnya. Lalu, bagaimanakah sejarah terbentuknya bumi, berikut ini adalah teori terbentuknya bumi dari sisi pengetahuan dan penelitian para ilmuwan. 

Menurut teori yang berkembang, bumi melewati proses panjang sebelum akhirnya menjadi bumi seperti sekarang ini yang kita diami. Para ilmuwan berpendapat jika planet Bumi awal mulanya adalah dari awan raksasa yang berputar-putar di antariksa.

Dari awan tersebut, terbentuklah bola-bola yang kemudian menarik butiran debu dan gas di sekitarnya. Dari debu dan gas inilah yang berproses selama miliaran tahun dan kemudian membentuk Bumi, planet, bulan, dan benda langit lainnya.

Adanya gravitasi Bumi menjadikan gas dan debu menjadi satu dan semakin padat dan mampat sehingga membuat Bumi seperti bola pijar yang panas. Bagian Bumi luar kemudian menjadi dingin dan keras, sedangkan bagian dalam bumi tetap sangat panas.

Teori terbentuknya Bumi ini juga hampir serupa seperti yang diungkapkan Kant-Laplace yang mengatakan jika Bumi adalah bagian gas pijar yang dilepaskan oleh matahari yang kemudian menjadi dingin dan semakin keras.

Pendinginan ini menjadikan adanya penguapan gas besar-besaran menuju angkasa. Akumulasi proses penguapan inilah yang kemudian menurut penelitian menjadi cikal bakal terbentuknya atmosfer Bumi.

Uap air yang naik ke atas dengan jumlah yang sangat besar,akhirnya menjadi hujan dengan volume serta intensitas tinggi. Yang kemudian mengisi cekungan yang ada di bumi dan akhirnya menjadi laut dan samudra.

Teori-teori

Alfred Wegener (1912), seorang ahli ilmu cuaca mengemukakan Teori Pengapungan Benua yang menyatakan jika 200 juta tahun lalu hanya ada satu benua dan satu samudra di planet Bumi ini. Benua tersebut diberi nama Pangea, dan samudera yang mengelilinginya disebut Panthalasa.

Meskipun banyak teori yang mengatakan tentang bagaimana sejarah terbentuknya Bumi, tetapi proses pembentukan Bumi masih menjadi suatu misteri. Yang perlu diyakini adalah, Bumi ini diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa yang seharusnya kita jaga, tidak kita rusak dan eksploitasi tanpa adanya tanggung jawab. Jika bukan kita yang menjaga Bumi, lalu siapa lagi?

Selanjutnya : Ragam Suku Di Afrika
Sebelumnya: Tradisi Suku Dani
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar