Sekilas Tentang Surya Paloh


Surya Paloh merupakan pengusaha pers sekaligus pimpinan Media Group yang membawahi harian media Indonesia, Lampung Post, dan televisi Metro TV. Pengusaha yang bernama lengkap Surya Dharma Paloh ini lahir di Kutaraja, Banda Aceh pada tahun 1951 dari pasangan Nursiah paloh dan Daud Paloh.

Meskipun lahir di Aceh, namun ia dibesarkan di kota Pematang Siantar, Sumatera Utara. Daerah yang banyak memunculkan tokoh-tokoh besar ini kemudian juga membesarkan namanya sebagai pengusaha di Kota Medan.

Akan tetapi, kepindahannya kemudian dilakukan untuk mengurusi urusan politik sehingga Kota Metropolitan harus menjadi tempat persinggahan berikutnya bagi Surya Paloh.

Keikutsertaannya dalam menjadi anggota Majelis Permusyawaratan rakayat (MPR) ini membuat ia terkenal sebagai pengusaha muda Indonesia yang ditekuninya ketika masih remaja.

Usahanya saat bersekolah dilakukan dengan berdagang beragam keperluan masyarakat. Ia membeli barang-barang jualannya dari sahabat sekaligus gurunya dalam bidang usaha tersebut.

Barang-barang tersebut dijual ke kedai-kedai kecil atau perkebunan yang memang membutuhkan pasokan barang yang disediakannya. Sambil berdagang, ia menekuni pendidikan di bidang ilmu hukum Fakultas Hukum universitas sumatera Utara.

Sejak kuliah, keinginan untuk melakukan organisai bersama telah lahir. Ia kemudian aktif dalam organisasi massa yang pada saat itu menentang kebijakan pemerintahan orde lama.

Ia kemudian menjadi salah seorang pemimpin Kesatuan Aksi Pemuda pelajar Indonesia dan menjadi koordinator Pemuda dan pelajar dalam kesekertariatan Golkar setelah organisasi tersebut dinyatakan  bubar.

Beberapa tahun setelah ittu, ia menjadi seorang koordinator mendirikan organisasi putra puteri ABRI  yang disingkat dengan PP-ABRI dan menjadi pimpinan dari perusahaan tersebut bagian Sumatera utara.

Perusahaan ini didirikannya pula bersama dengan anak ABRI yang lain di tingkat pusat Jakarta dengan nama Forum Komunikasi Putera-puteri Purnawirawan Indonesia (FKPPI).

Berbagai bidang telah digelutnya sehingga Surya Paloh berhasil menjadi politisi, penggiat sosial, dan pebisnis yang tidak diragukan agi kemampuan manajemennya. Ia juga bahkan memiliki sebuah perusahaan karoseri di kota Medan yang membuat namanya semakin dikenal di dunia ekonomi bisnis.

Demikianlah pembahasan mengenai Surya Aploh, semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Tips Dan Trik Membuka Butik
Sebelumnya: Sistematika Kegiatan Seminar yang Baik dan Benar
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar