Sekolah Tinggi Fisioterapi Teknik Medik


Sekolah Tinggi Fisioterapi Teknik Medik berada di Kramat Jati, Jakarta. Karena permintaan yang tinggi terhadap tenaga terampil bidang ini, jurusan Fisioterapi menjadi salah satu yang dicari. Ada beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jurusan ini. Poltekkes Kemenkes Surakarta pun mempunyai jurusan Fisioterapi. Bahkan jurusan tersebut dikatakan sebagai jurusan ikatan dinas.

Politeknik Kesehatan

Jurusan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Surakarta sebenarnya merupakan peleburan dari Akademi Fisioterapi Surakarta yang didirikan pada tahun 1964. Sebagai tambahan informasi, Surakarta menjadi satu kota rujukan bidang fisioterapi ini. Ada rumah sakit ortopedi (Rumah Sakit Ortopedi Prof. Dr. Soeharso) yang cukup dikagumi di kota ini.

Tidak heran kalau jurusan Fisioterapi menjadi jurusan yang cukup diminati. Para pengajarnya merupakan orang-orang yang mempunyai pengalaman yang mumpuni dibidang ini. Mungkin agak berbeda dengan Sekolah Tinggi Fisioterapi Teknik Medik yang tidak melakukan ikatan dinas. Memasuki jurusan ini bukan perkara mudah. Ada banyak tes yang harus dilalui.

Jurusan Fisioterapi di Poltekkes ini mempunyai tiga buah program yang bisa dipilih. Ketiga program tersebut adalah Program Diploma III Fisioterapi, Program Studi Diploma IV Fisioterapi, danĀ  Program Studi Ortotik Prostetik. Para lulusannya diharapkan bisa mengabdikan diri ke beberapa rumah sakit yang mempunyai pelayanan fisioterapi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Indonesia Membutuhkan Tenaga Ahli

Berkembangnya dunia olahraga, mau tidak mau membutuhkan tenaga terampil bidang fisioterapi. Cidera yang dialami oleh para atlit tentu harus ditangani dengan saksama. Kalau mereka harus pergi ke luar negeri, biaya pasti akan sangat mahal. Untungnya Indonesia mempunyai banyak tenaga terampil dibidang ini.

Peralatan pun tidak tanggung-tanggung. Semua menggunakan perlengkapan canggih. Biaya melakukan fisioterapi pun tidak terlalu tinggi. Di Rumah Sakit Charitas Palembang, biayanya hanya 70 ribu per kunjungan. Sedangkan di rumah sakit pemerintah, biaya ini lebih murah.

Apa yang ditangani oleh tenaga terampil fisioterapi ini tidak main-main. Cedera otot atau cedera syaraf bisa sangat menyakitkan sehingga membutuhkan sentuhan para ahli fisioterapi. Kalau hanya dipijat oleh tukang pijat tradisional, terkadang malah kian menambah tingkat cedera.

Para mahasiswa yang belajar di Poltekes Kemenkes jurusan Fisioterapi atau yang belajar di Sekolah Tinggi Fisioterapi Teknik Medik diharapkan bisa memberikan layanan yang sempurna. Pasien tentu ingin cepat sembuh. Tetapi memang biasanya minimal harus melakukan 10 kali kunjungan sebelum dilakukan bentuk terapi lainnya.

Selanjutnya : Senyawa Kimia Apa yang Terkandung dalam Jamur
Sebelumnya: Sejarah Mesin Pencari
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar