Jaringan Berperan sebagai Jaringan Dasar dan Pembentuk Sel Baru pada Ujung Titik Tumbuh Rambut

Para ahli rambut dan kulit kepala sudah sepakat untuk menyatakan bahwa jaringan berperan sebagai jaringan dasar dan pembentuk sel baru pada ujung titik tumbuh rambut. Mereka mengumumkan hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman karena orang awam mengira bahwa pembentuk sel baru pada ujung titik rambut hanya bergantung pada lapisan luar kulit kepala semata. Padahal, jaringan di dalam kulit kepala itulah yang sebenarnya berperan besar dalam pembentukan titik tumbuh rambut. Ingin tahu lebih lanjut? Ayo simak ulasan kami!

Alasan Jaringan Berperan sebagai Jaringan Dasar dan Pembentuk Sel Baru pada Ujung Titik Tumbuh Rambut

Loading...

Pada dasarnya, kulit kepala dan kulit lain di bagian tubuh manusia mempunyai susunan struktur yang sama. Lapisan luar disebut dermis. Pada dermis, terdapat stratum koneum, yaitu lapisan kulit paling luar yang berfungsi melindungi bagian bagian lain di dalamnya. Stratum korneum bersifat keras dan pipih. Ya, tebakan anda benar kalau menjawab stratum korneum adalah kuku. Stratum korneum jika rusak akan diperbaiki dan tumbuh secara otomatis.

Yang Kedua adalah stratum lusidium. Di sinilah proses pewarnaan kulit dan juga rambut dilakukan. Stratum lusidium bekerja tergantung banyaknya melanin melanin yang terdapat di dalamnya. Jika melanin itu terkandung dalam jumlah banyak, maka orang tersebut akan mempunyai kulit yang gelap. Itulah tadi alasan mengapa jaringan berperan sebagai jaringan dasar pembentuk sel baru pada ujung titik tumbuh rambut.

Bukti Jaringan Berperan sebagai Jaringan Dasar Pembentuk Sel Baru pada Ujung Titik Tumbuh Rambut

Sedangkan buktinya bisa dilihat melalui scan kulit dengan laser, dimana kita bisa melihat lapisan dalam kulit kepala, atau untuk lebih ekstremnya bisa dibuktikan langsung dengan pengambilan contoh sampel kulit kepala yang diteliti secara klinis dan ilmiah. Di situ kita bisa melihat jaringan jaringan di kulit bagian dalam (dermis) yang terlindung oleh lapisan luar (epidermis). Nah jaringan yang mengandung kapiler darah dan saraf inilah yang merupakan jaringan yang berfungsi membentuk titik tumbuh rambut atau istilah lainnya kantung rambut.

Di dalam titik tumbuh rambut inilah jaringan tersebut mulai membentuk akar akar rambut. Selanjutnya, akar akar rambut tersebut akan terdorong oleh lapisan di bawahnya, serta dengan bantuan kelenjar penumbuh rambut yang mempunyai hormon tertentu, rambut akan muncul di atas permukaan kulit kepala dan terus bertambah panjang. Kecepatan pertumbuhan rambut dan panjang maksimal rambut tergantung dari gen seseorang. Itulah tadi bukti bahwa jaringan berperan sebagai jaringan dasar dan pembentuk sel baru pada ujung titik tumbuh rambut.

Loading...
Selanjutnya : Cara Membuat Hasta Karya dari Barang Bekas – Hasta Karya Berbahan CD Bekas
Sebelumnya: Sistem Peradaban Lembah Sungai Nil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar