Selain untuk Olah Raga Arum Jeram Aliran Air yang Deras Dapat Digunakan untuk Apa?


Selain untuk olah raga arum jeram aliran air yang deras dapat digunakan untuk apa saja? Pertanyaan ini wajar dilontarkan oleh sebagian orang, karena aliran air yang deras seperti di sungai memang identik dengan arum jeram. Padahal, sungai beraliran deras juga punya manfaat lain bagi kehidupan manusia.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Air, khususnya aliran air yang deras, bisa sangat bermanfaat untuk menghasilkan listrik. Untuk itu perlu dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA. PLTA ini mengandalkan energi potensial dan energi kinetik air. Listrik yang dihasilkan dari PLTA ini juga disebut sebagai hidroelektrik.

Sistem atau cara kerja dari PLTA ini adalah memanfaatkan generator yang dihubungkan langsung pada sebuah turbin. Turbin ini diletakkan di tempat khusus sehingga bisa digerakkan oleh aliran air yang deras. Turbin yang bergerak ini nantinya akan memicu energi listrik dengan bantuan generator. Energi listrik inilah yang bisa disalurkan pada konsumen melalui gardu induk.

Memanfaatkan energi kinetik air sebagai penghasil listrik sudah diterapkan di banyak negara-negara maju, misalnya Kanada. Kanada merupakan penghasil hidroeletrik terbesar, karena 70% dari listrik yang digunakan di wilayah ini bersumber dari listrik yang dihasilkan melalui PLTA. Negara-negara lain yang juga memanfaatkan hidroelektrik sebagai sumber listrik utama adalah Austria dan Norwegia.

Sarana Transportasi

Selain untuk olah raga arum jeram aliran air yang deras dapat digunakan untuk menunjang kehidupan manusia di bidang transportasi. Sejak zaman dulu, sungai memang sudah sering digunakan sebagai sarana transportasi, baik transportasi manusia maupun untuk memindahkan barang.

Sungai yang bisa dijadikan sarana transportasi tentu saja sungai beraliran deras namun cukup dalam. Bila terlalu dangkal, tentu saja sungai ini tak bisa dijadikan sebagai sarana transportasi yang nyaman dan aman.

Transportasi lewat sungai bisa menggunakan perahu. Dengan perahu, manusia bisa berpindah tempat atau sekaligus memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Tapi, sungai juga bisa digunakan sebagai sarana transportasi barang-barang berat, misalnya kayu-kayu besar. Tanpa menggunakan perahu atau alat transportasi, kayu-kayu besar hasil penebangan bisa dipindahkan lewat aliran sungai. Hal ini sering dilakukan karena akan menghemat tenaga, biaya, dan juga waktu.

Demikianlah sekilas mengenai manfaat aliran air sungai. Jadi, sekali lagi selain untuk olah raga arum jeram aliran air yang deras dapat digunakan untuk menghasilkan listrik lewat PLTA serta bermanfaat sebagai sarana transportasi. Ragu? Sebaiknya jangan!

Selanjutnya : Arti Seorang Sahabat Dalam Film dan Lagu
Sebelumnya: Ungkapan Hati Kata Cinta Bila Berjauhan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar