Selisih Perbedaan Waktu Greenwich Mean Time dan Kota-kota di Dunia


Di setiap daerah yang ada di dunia ini memiliki waktu yang berbeda antara tempat yang satu dengan yang lainnya. Namun ada juga daerah yang memiliki waktu yang sama dengan daerah yang lainnya. Hal tersebut bisa terjadi karena ada selisih perbedaan waktu Greenwich Mean Time dan kota kota di dunia.

Perbedaan Waktu

Adanya perbedaan waktu karena bumi memiliki bentuk yang bulat seperti bola dan bumi berputar pada porosnya selama 24 jam. Hal inilah yang menjadi penyebab terjadinya siang dan malam serta adanya perbedaan waktu.

Jika kita melihat sebuah peta yang merupakan gambaran dari bumi ini maka akan terlihat sebuah garis lurus yang biasa disebut dengan bujur. Garis tersebut membagi bumi menjadi dua bagian yakni bujur barat dan bujur timur.

Bujur timur melingkari sebelah timur bumi hingga membentuk sudut 1800 dan bujur barat melingkari bumi sebelah barat hingga membentuk sudut 1800. Jika ditotal maka keseluruhan bujur tersebut membentuk sudut 3600 yang merupakan sudut penuh lingkaran yang juga merupakan bentuk bumi.

Berdasarkah hal tersebut bisa dibuat sebuah rumus untuk mengetahui waktu daerah. Kita tahu bahwa bumi itu berputar mengelilingi porosnya selama 24 jam. Jadi bumi berputar penuh membentuk sudut 3600 selama kurun waktu 24 jam.

Berdasarkan hal tersebut bisa ditarik sebuah kesimpulan bahwa dalam 150  terjadi perbedaan waktu sebesar 1 jam atau 4 menit dalam 10. Perbedaan waktu ini didapatkan dari membagi 3600 dengan 24 jam.

Dari hal tersebut kita sudah bisa menentukan perbedaan waktu antara daerah yang satu dengan yang lainnya. Jika suatu daerah semakin ke timur maka waktu yang ada akan ditambahkan sesuai dengan selisih letak bujurnya dan semakin ke barat akan dikurangi sesuai dengan jumlah selisih bujurnya.

Sebagai contoh jika kita berada di suatu daerah dengan 1250 BT dan waktu menunjukkan Pkl. 01.00. ketika ingin tahu waktu orang lain yang berada di 950 BT maka waktunya adalah selisih dari 125 dikurangi 95 dan hasilnya dibagi 15.  Didapatkan selisih waktu sebesar 2 jam. Karena berada di sebelah barat maka waktu orang lain tersebut adalah pkl 23.00.

Demikianlah cara menghitung selisih perbedaan waktu Greenwich Mean Time dan kota kota di dunia. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Mengenal Alat-alat Tes Psikologi
Sebelumnya: Contoh Surat Penawaran Barang Elektronik
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar