Semboyan Negara Republik Indonesia “Bhineka Tunggal Ika”


“Bhineka Tunggal Ika” adalah semboyan Negara Republik Indonesia yang diakui oleh kita sebagai masyarakatnya, bahkan dunia internasional. Semboyan ini sangat mewakili kondisi geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Dengan berbagai suku bangsa dan kebudayaan yang beranekaragam, tersebar di seluruh pulau dari Sabang sampai Merauke, membuat Indonesia menjadi sebuah negara yang kaya budaya dan adat istiadat.

Betapa pentingnya semboyan kesatuan ini hingga menjadi bagian dari lambang negara kita yaitu burung Garuda Pancasila. Terukir pada sehelai pita merah putih yang dicengkram sang Garuda yang perkasa, mengingatkan bahwa kita adalah negara kesatuan yang berada dalam satu bendera yaitu bendera Indonesia. Disatukan oleh satu bahasa, satu mata uang, satu presiden, satu lambang negara, satu lagu kebangsaan yaitu Indonesia.

Arti Semboyan Negara Republik Indonesia

Arti dari semboyan ini jika diartikan secara bahasa yang terdiri atas kata “Bhineka”,  “Tunggal”, dan “Ika”. Tiga kata yang berasal dari Kitab Sutasoma yang dikarang oleh Empu Tantular yang semuanya berarti “Satu”.

Seperti sebuah kata yang terus-menerus ditegaskan untuk selalu diingat karena dianggap penting hingga harus diulang lebih dari satu kali dalam sebuah kalimat yaitu “Satu”, “Satu”, dan “Satu”. Agar kata ini terpatri di hati seluruh rakyat Indonesi untuk selalu merasa bahwa kita semua sebangsa dan setanah air Indonesia.

Makna dari semboyan ini tiada lain adalah berbeda-beda tetapi satu jua. Menjadi sebuah harap akan adanya persatuan bangsa di antara keragaman yang ada. Keragaman yang tidak menjadi pemecah belah bangsa melainkan sebaliknya. Mempersatukan bangsa dan menjadi sebuah kebanggaan bagi seluruh rakyat Indonesia. Menjadikan Indonesia menjadi sebuah negara dengan ragam budaya unik di mata Internasional.

Dengan semboyan ini kita selalu diingatkan walaupun betapa banyak perbedaan yang terjadi, bahkan betapa jauhnya kesenjangan yang terjadi kita adalah satu. Jika hal ini disadari setiap pribadi tentulah perbedaan-perbedaan yang ada akan dijadikan sebuah kekayaan pemikiran untuk dicarikan sebuah solusi bukan justru memperuncingnya. Semua permasalahan yang terjadi akibat perbedaan dicarikan jalan keluarnya demi kepentingan bangsa dan seluruh rakyat indonesia, bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Jika semboyan Negara Republik Indonesia ini sudah terpatri dalam diri kita masing-masing, tentulah hanya ada satu perjuangan yang dilakukan semua pihak. Perjuangan demi kemajuan dan kepentingan bangsa dan negara kita Indonesia. Tidak ada kepentingan lain yang lebih besar selain kehidupan bangsa Indonesia yang lebih baik. Sekarang maupun untuk di masa yang akan datang.

Selanjutnya : Macam-macam Diabetes
Sebelumnya: Simpulan Teori Kuznets
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar