Semua tentang Bank BRI


Semua tentang Bank BRI pastinya bisa didapat dengan mencari informasi melalui cabang terdekat. Namun, beberapa mungkin malas atau enggan mengunjungi cabang BRI hanya untuk menanyakan informasi. Untuk itu, tulisan ini akan mengulas semua tentang bank BRI, mulai dari sejarah hingga jenis-jenis produk jasa yang ditawarkannya.

Sejarah

BRI menjadi Bank Pemerintah pertama di Indonesia berdasarkan Peraturan Pemerintah No.1 tahun 1946 Pasal 1. Kegiatan perbankannya sempat vakum di masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan tahun 1948. Namun, setelah Perjanjian Renvile tahun 1949, BRI kembali hadir dengan dengan pembubuhan nama serikat di akhir namanya, hal ini sesuai dengan pengakuan Negara Republik Indonesia Serikat dalam perjanjian tersebut.

Tahun 1960 keluar PERPU no 41 yang melebur BRI, Nederlandsche Maatschappij (NHM) dan Bank Tani Nelayan menjadi Bank Koperasi Tani dan Nelayan (BKTN). Lima tahun kemudian keluar Penetapan Presiden No 9 tahun 1965 yang memasukkan BKTN sebagai bagian dari Bank Indonesia dengan nama Bank Indonesia Urusan Koperasi Tani dan Nelayan.

Sejarah masih terus berlangsung dengan berbagai perubahan dan peraturan hingga 1 Agustus 1992 setelah dikeluarkannya Undang-Undang Perbankan No.7 tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah No 21 tahun 1992, BRI berubah status menjadi Perseroan Terbatas (PT). Hingga tahun 2003 pemerintah memutuskan untuk menjual 30% sahamnya yang menyebabkan BRI menjadi perusahaan publik dengan nama PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk.

Produk yang Ditawarkan

Sebagai perusahaan yang bergerak di bisnis perbankan, tentu saja produk yang ditawarkan BRI adalah pelayanan publik di bidang perbankan. Target market yang diliriknya masih difokuskan pada pelayanan masyarakat kecil dengan memberi fasilitas kredit pada golongan usaha dan pengusaha kecil. Fasilitas kredit yang akhir-akhir ini sering disebut sebagai KUKM atau Kredit Usaha Kecil Menengah.

Selain fasilitas kredit, BRI seperti juga bank lainnya, melayani fasilitas tabungan sebagai pelayanan utamanya. Beberapa jenis tabungan yang ditawarkan BRI antara lain sebagai berikut.

  • Tabungan Britama yang menggunakan sistem Real Time Online untuk mempermudah transaksi nasabahnya. Tabungan ini juga dilengkapi dengan Britama Prime Card.
  • Tabungan Simpedes, ditujukan untung nasabah yang menggunakan mata uang rupiah sebagai alat transaksi perbankannya. Tak ada batasan minimal atau maksimal untuk penyetoran dan penarikan, bagitu pun dengan frekwensi penyetoran atau penarikannya.
  • Simpedes TKI, ditujukan untuk memudahkan transaksi perbankan dari para TKI (Tenaga Kerja Indonesia)? BMI (Buruh Migran Indonesia) termasuk penyaluran dan penyimpanan gaji. Hanya dengan dana Rp. 50.000  ditambah dengan identitas dan surat rekomendasi PPTKIS saat pengisian formulir, Simpedes TKI telah siap digunakan.
  • Tabungan Haji, ditujukan untuk simpanan calon haji.
  • Britama Dollar, tabungan dengan mata uang Dollar.

Demikianlah ulasan semua tentang Bank BRI. Semoga informasinya bermanfaat bagi para pembaca.

Selanjutnya : Apakah Pesan Hotel Lewat Agoda Terpercaya?
Sebelumnya: Teknik yang Digunakan dalam Menggambar dengan Pensil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar