Sangat Dianjurkan Senam Hamil Menjelang Melahirkan


Senam Hamil Menjelang Melahirkan

Senam hamil menjelang melahirkan tergolong perlu bagi sebagian ibu-ibu.

Masa kehamilan memang merupakan masa paling sulit bagi seorang perempuan, betapa tidak, ketika perut berisi janin bawaannya malas dan ingin tidur terus, padahal pada saat seorang ibu hamil justru dibutuhkan tubuh yang selalu sehat dan bugar dari awal kehamilan sampai dengan saat melahirkan.

Sebab itulah senam hamil saat menjelang melahirkan sangat dianjurkan. Salah satunya untuk menjaga agar tubuh ibu hamil senantiasa sehat dan bugar. Di samping itu tentu saja mengontrol makanan dan cukup istirahat, sangat diperlukan ketika seorang ibu hamil.

Untuk menjaga agar tubuh selalu sehat dan bugar, seorang ibu hamil dituntut banyak melakukan gerakan terutama yang memberi penekanan pada bagian organ intim dan daerah perut. Dari beberapa jenis olah raga, senam hamil merupakan yang paling sesuai dengan kebutuhan seorang ibu hamil.

Namun demikian jenis dan takaran senamnya itu sendiri harus disesuaikan dengan perkembangan janin. Tentu senam hamil yang dibimbing dokter atau ahli medis yang memahami benar karakter fisik dan psikis seorang ibu hamil, akan banyak membantu untuk menjaga kebugaran tanpa khawatir ada kesalahan melakukan gerakan yang sebenarnya bisa berakibat fatal pula.

Menjelang persalinan merupakan masa dimana seorang ibu hamil akan dilanda kecemasan hebat. Pada saat cemas seperti itu, seorang ibu hamil memerlukan ketahanan fisik yang baik.

Sebab itulah melakukan senam terutama menjelang melahirkan, akan sangat membantu baik secara fisik maupun psikis.

Menurut beberapa rujukan, seorang ibu hamil diharapkan secara rutin melakukan senam hamil pada saat kandungan enam bulan ke atas.

Sebelum mulai melakukan gerakan senam hamil, lakukan pemanasan sehingga secara alami tubuh akan memelukan suplai oksigen yang banyak, oksigen inilah yang kemudian akan disebarkan pada otot dan jaringan tubuh. Dengan demikian akan mengurangi kemungkinan terjadinya kejang.

Pada dasarnya senam hamil adalah melatih agar otot-otot terutama yang berhubungan dengan otot yang membantu persalinan. Dengan terlatihnya otot-otot tersebut, diharapkan pada saatnya nanti akan mampu membantu seorang ibu hamil untuk menjalani persalinan normal.

Gerakan pertama senam hamil terutama menjelang melahirkan adalah duduk tegak dan bersila, kedua tangan arahkan ke depan dengan santai. Gerakan ini bisa dilakukan sebanyak mungkin setiap harinya.

Gerakan kedua adalah gerakan merangkak, tundukkan kepala dan pada saat yang sama lihat perut sekaligus mengerutkan lubang dubur. Itulah beberapa gerakan senam hamil menjelang melahirkan.

Selanjutnya : Mengenal Jenis Keyboard Hammer
Sebelumnya: Perkembangan ASI
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar