Senam Kesegaran Jasmani Gerakan Pemanasan untuk Tubuh


Senam adalalah olahraga ringan yang bisa dilakukan kapan saja. Meskipun gerakan senam adalah gerakan yang mudah untuk dilakukan, namun senam kesegaran jasmani gerakan pemanasan tetap tidak boleh lupa dilakukan. Apalagi sampai dengan sengaja diabaikan. Sebab, pemanasan sebelum senam kesegaran jasmani dilakukan adalah cara peregangan otot-otot tubuh yang kaku. Jika otot-otot tubuh meregang, maka tubuh terasa lebih lentur ketika gerakan senam dilakukan.

Melakukan gerakan pemanasan tidak perlu yang sulit atau berat. Cukup temukan gerakan yang sekiranya membuat tubuh tidak kaku dan otot tidak ‘terkejut’ketika gerakan senam dimulai. Berikut ada beberapa tahap gerakan pemanasan yang bisa Anda coba lakukan, diantaranya adalah:

•    Berdiri dalam posisi kaki terbuka lebar, tangan berada di belakang kepala, dan badan dibungkukkan hingga 90 derajat. Gerakkan badan diikuti dengan putaran kepala ke kiri dan ke kanan.

•    Tekuk satu kaki kiri dan julurkan kaki kanan ke belakang. Angkat kedua tangan lurus ke atas. Tahan posisi ini sampai hitungan 2 x 8, lalu ubah posisi kaki secara bergantian.

•    Kaki berdiri dalam posisi terbuka lebar. Tangan berada di belakang kepala. Lalu miringkan tubuh ke kiri hingga siku menyentuh sisi panggul. Lakukan secara bergantian kiri dan kanan.

•    Berdiri dalam satu kaki menyilang ke depan. Sementara kedua tangan diangkat sejajar bahu. Ayunkan satu kaki yang menyilang. Lakukan bergantian kiri dan kanan.

•    Berdiri dengan posisi menyamping, dengan dua kaki terbuka lebar. Gerakan tubuh maju mundur hingga otot pinggang, panggul, dan paha terasa tertarik. Lakukan hati-hati agar tidak terjadi resiko terkilir pada tulang.

•    Ambil posisi berbaring terlungkup. Tekuk kedua kaki hingga tangan bisa menjangkau telapak kaki. Angkat bagian atas badan hingga hingga kepala tertengadah.

•    Kembali posisi berdiri tegak lurus. Lakukan gerakan memutar tangan 180 derajat secara bergantian.
Demikianlah senam kesegaran jasmani gerakan pemanasan untuk tubuh yang bisa Anda lakukan sewaktu-waktu. Selain bermanfaat bagi kelenturan dan menjaga kondisi tubuh tetap fit, olahraga senam juga bisa memberikan efek yang bagus untuk sistem pernafasan kita. Selamat mendapatkan tubuh sehat dan bugar.

Selanjutnya : Contoh Program Kerja Humas dalam Organisasi
Sebelumnya: Beberapa Contoh Cerita Anak Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar