Aneka Peninggalan Seni Zaman Prasejarah


Seni zaman prasejarah akan diketahui dari berbagai peninggaln prasejarah yang ada  saat ini. Zaman prasejarah adalah zaman saat manusia belum mengenal tulisan sehingga mereka tidak meninggalkan bukti-bukti tertulis. Zaman sejarah adalah zaman saat  manusia sudah mengenal tulisan.
Antara zaman sejarah dan zaman prasejarah dapat dikenali dari berbagai kesimpulan penelitian para ilmuwan. Misalnya dari penggalian-penggalian atau ekskavasi yang dilakukan di daerah-daerah yang dulu diduga pernah didiami oleh manusia purba.

Bisa juga dengan cara mempelajari pola kehidupan suku-suku terasing yang masih terdapat di beberapa wilayah di Indonesia dan dunia hingga saat ini. Dimana banyak dari mereka yang masih menjalankan pola kehidupan sesuai dengan yang telah diajarkan oleh nenek moyang mereka dahulu.
Seni zaman prasejarah atau tepatnya senirupa zaman prasejarah di Indonesia dibagia atas dua zaman yaitu zaman logam dan zaman batu. Karya senirupa pada masa itu umumnya dibuat dengan tujuan keagamaan. Misalnya sebagai medium untuk melakukan upacara keagamaan dan juga sebagai simbol. Seni rupa Indonesia di zaman prasejarah dapat dikelompokkan sebagai berikut:,
•    Zaman Prasejarah Batu
Pada zaman ini semua karya seni dibuat dari batu. Zaman prasejarah batu dibagi atas beberapa zaman yaitu  zaman paleolitikum (batu tua),  zaman  manusia nomaden, zaman mesolitikum  (batu tengah), zaman manusia tinggal di goa, zaman neolitikum (batu muda), zaman manusia  menetap di rumah kayu, dan  zaman megalitikum (batu besar)S
Sebagai tambahan pengetahuan dan wawasan kita, seni  di zaman prasejarah terutama pada zaman batu  ini bisa dikelompokkan menjadi beberapa karya seni, seperti berikut ini:
1.    Seni bangunan
Zaman Megalithikum menghasilkan banyak bangunan dari batu yang berukuran besar. Contohnya adalah punden berundak,  sarkofagus,  meja batu, dan dolmen.
2.    Seni patung
Peninggalan dari  zaman  neolithikum pada umumnya adalah berbentuk patung – patung besar yang menggambarkan sosok leluhur mereka.Patung-patung ini terbuat  dari batu dan kayu.
3.    Seni lukis
Seni lukis dari  zaman mesolithikum ialah berbentuk lukisan cap jari. Ada juga lukisan yang menggambarkan  acara perburuan  pada dinding  gua. Lukisan baru  diaplikasikan pada bangunan, hiasan ornamen dan benda-benda kerajinan pada zaman neolithikum dan zaman megalithikum.

Selanjutnya : Sekilas Profil Bank BTN
Sebelumnya: Geger Cilegon 1888: Pengusiran Kolonial dari Banten
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar