Seputar Kesehatan Ibu Hamil

Kehamilan merupakan masa yang dinantikan oleh sebagian besar wanita yang telah menikah. Karena masa kehamilan adalah momen yang menakjubkan sebelum si calon bayi lahir ke dunia. Memiliki bayi yang terlahir sehat juga sudah pasti menjadi impian bagi setiap ibu hamil. Agar perkembangan ibu dan janin dapat sempurna, Anda para calon ibu harus mengetahui hal-hal penting seputar kesehatan ibu hamil.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama masa kehamilan Moms, di antaranya adalah sebagai berikut:

•    Makanan

Makanan merupakan sumber energi yang utama bagi ibu hamil. Selain sebagai sumber energi, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga sangat mempengaruhi kesehatan janin dalam kandungan. Makanan yang dianjurkan adalah makanan yang bergizi yang mengandung banyak protein dan vitamin, seperti sayur-sayuran berwarna hijau, susu, daging, ikan, telur, ayam, dan kacang-kacangan.

Usahakan mengkonsumsi makanan yang bervariasi, tidak dengan menu yang monoton.  Di samping makan makanan yang bernutrisi, porsi makan bagi ibu hamil juga sebaiknya ditingkatkan, agar gizi yang dibutuhkan oleh janin dapat terpenuhi dengan baik.

•    Istirahat

Istirahat yang cukup merupakan hal penting lainnya yang harus diperhatikan oleh ibu hamil. Di masa awal kehamilan, calon ibu dianjurkan untuk tidur selama tujuh hingga delapan pada malam hari. Hal ini disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron serta metabolisme yang tinggi sehingga sangat menguras energi. Selain itu, istirahat yang cukup juga dapat mempengaruhi proses persalinan kelak.

•    Suplemen

Selain menjaga asupan makanan dan istirahat yang cukup, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengkonsumsi suplemen tambahan seperti zat besi, yodium, dan vitamin.

•    Olahraga

Selama masa kehamilan bukan berarti Anda tidak boleh melakukan olahraga ya Moms. Olah raga sangat penting bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu, tujuan berolah raga bagi ibu hamil adalah untuk memperlancar sistem peredaran darah serta pernafasan. Pilihlah jenis olah raga yang tidak terlalu berat, seperti senam hamil, yoga, berjalan kaki, dan lain-lain.

Informasi mengenai seputar kesehatan ibu hamil semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda dalam menjalani masalah kehamilan.

Loading...
Selanjutnya : Sejarah Motor Honda CG 110
Sebelumnya: Obat Penyakit Kulit yang Alami
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar