Sesanti Basa Jawa


Anda pernah mendengar istilah sesanti? Bagi Anda yang berasal dari luar Jawa, mungkin kata ini terdengar asing. Sesanti dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai nasihat atau semboyan. Sesanti basa Jawa berarti nasihat atau doa yang menggunakan bahasa Jawa.
Berikut ini adalah beberapa contoh sesanti/semboyan basa Jawa:

1. Aja Dumeh

Semboyan yang satu ini mungkin sering kita dengar atau kita lihat. Misalnya saja di kaca mobil angkutan umum, atau di belakang truk. Sesanti ini memiliki maksud jangan sombong, jangan suka meremehkan orang lain.

2. Ing Ngarsa Sung Tuladha

Masih ingat pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ketika di sekolah dulu? Semboyan ini sering dijadikan pertanyaan ketika ujian. Ing ngarsa sung tuladha berarti yang di depan/muka memberi contoh.

3. Ing Madya Mangun Karsa

Semboyan ini merupakan lanjutan dari semboyan sebelumnya. Jika Ing ngarsa sung tuladha berarti yang di depan memberi contoh, maka ing madya mangun karsa memiliki arti yang di tengah berkreasi.

4. Tut Wuri Handayani

Terakhir, penutup dari dua semboyan sebelumnya adalah tut wuri handayani, yang artinya di belakang memotivasi. Semboyan ini juga digunakan sebagai lambing pendidikan yang biasanya terdapat di topi maupun seragam sekolah.

5. Jer Basuki Mawa Beya

Semboyan ini memiliki arti kesuksesan pasti membutuhkan biaya. Hal ini jelas, karena untuk sebuah kesuksesan diperlukan pengorbanan baik tenaga, pikiran, maupun harta (biaya).

6. Bisa Rumangsa Aja Rumangsa Bisa

Artinya lebih baik merasa tidak bisa namun bisa, dari pada merasa bisa namun ternyata tidak mampu. Maksud dari semboyan ini adalah jangan pernah merasa sombong dengan kemampuan yang kita miliki. Berusaha untuk selalu rendah hati walaupun sebenarnya kita memiliki ilmu yang banyak.

7. Rawe Rawe Rantas Malang Malang Putung

Apapun penghalangnya tetap maju terus, pantang mundur. Semboyan ini biasanya digunakan sebagai penyemangat.

8. Sapa Jujur Luhur

Artinya, yang jujur yang berharga, maka jujurlah! Derajatmu terjunjung. Semboyan ini mengajarkan kepada kita semua untuk berlaku jujur, siapa yang jujur maka dia akan mulia.

Sesanti basa Jawa biasanya berisi ajaran atau doa/puji-pujian yang sarat dengan norma norma kehidupan. Jika semua orang dapat memahami dan mengamalkan setiap sesanti tersebut, maka dijamin dunia akan aman dan tenteram.

Selanjutnya : Menulis Artikel Permasalahan Ketenagakerjaan Indonesia
Sebelumnya: Kumpulan Nama Anak Laki Jawa Kuno
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar