Sholat 5 Waktu Berapa Rakaat


Sholat 5 waktu adalah sholat wajib (fardhu) yang dilaksanakan 5 kali sehari dalam waktu berbeda. Ada pun masing-masing sholat memiliki jumlah rakaat yang berbeda. Sehingga tidak bisa disamakan dengan sholat sunnah, yang terbilang bebas. Lalu, sholat 5 waktu berapa rakaat?

Ada pun sholat 5 waktu terdiri atas, Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. Subuh terdiri atas 2 rakaat dilakukan saat munculnya fajar shaddiq, yakni cahaya putih yang melintang di ufuk timur.

Dzuhur terdiri atas 4 rakaat dilakukan saat matahari telah condong ke arah barat, biasanya dimulai ketika waktu telah memasuki tengah hari. Sedangkan waktu sholat dzuhur usai ketika memasuki waktu ashar.

Ashar terdiri atas 4 rakaat dilakukan saat panjang bayang-bayang benda melebihi panjang benda itu sendiri. Waktu ibada sholat ashar usai ketika matahari terbenam. Maghrib terdiri atas 3 rakaat dilakukan saat terbenamnya matahari dan berakhir saat masuk waktu isya.

Isya terdiri ata 4 rakaat dilakukan ketika cahaya syafaq (merah) menghilang di ufuk barat. Sholat isua merupakan sholat yang memiliki waktu paling panjang diantara sholat lainnya. Hal ini dikarenakan waktu berakhirnya sholat isya hingga memasuki sholat subuh.

Jadi, sholat 5 waktu berapa jumlah rakaatnya telah dapat kita temukan. Total keseluruhan sholat 5 wakt adalah 17 rakaat. Tapi jumlah rakaat ini akan berbeda hasilnya bagi kaum adam di kala hari Jumat.

Ketika hari Jumat  tiba kaum adam harus menggantin sholat dzuhur mereka dengan ibadah wajib sholat jumat. Sedangkan sholat jumat hanya dapat dilakukan di masjid dengan 2 rakaat. Ada beberapa kesimpulan yang mengatakan bahwa 2 rakaat sholat dzuhur digantikan dengan ceramah ketika sholat jumat. Oleh karena itu wajib mendengarkan ceramah ketika sholat jumat.

Di beberapa daerah ada kaum hawa yang mengikuti sholat jumat secara berjamaah. Bahkan, ibadah sholat jumat ini tidak banyak berbeda dengan sholat berjamaah lainnya. Hanya saja, dimulai dengan ceramah dan jumlah rakaat hanya 2.

Dengan demikian, sholat 5 waktu berapa rakaat saat hari jumat hanya 15 rakaat.

Selanjutnya : Mendesain Kamar Tidur yang Sempit
Sebelumnya: Makanan Khas Bengkulu
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar