Bacaan Sholat Dhuha


Sholat dhuha adalah sholat yang dikerjakan pada waktu pagi hari, yaitu pada saat matahari sedang naik setinggi tombak atau naik sepenggalah, waktu inilah yang disebut dengan waktu dhuha. Sebelum memulai aktivitas, ada baiknya melakukan shalat ini terlebih dahulu. Karena, sholat dhuha dipercaya dapat melancarkan rezeki.

Pintu kelancaran rezeki bisa dibukakan melalui amalan sholat ini. Tentunya, dibarengi dengan usaha, yaitu bekerja secara rajin dengan tidak melupakan kewajiban menunaikan ibadah sholat. Baik itu sholat yang hukumnya wajib maupun sunat.

Untuk waktu Indonesia bagian barat, waktu dhuha kira-kira antara jam tujuh pagi hingga menjelang waktu sholat dhuhur. Sholat dhuha merupakan sholat sunnah. Sholat dhuha sedikitnya dikerjakan sebanyak dua rakaat satu salam, dan sebanyak-banyaknya dua belas rakaat dengan satu salam setiap dua rakaat.

Cara mengerjakan sholat dhuha adalah seperti mengerjakan sholat wajib, gerakan-gerakan maupun bacaan sholat dhuha sama seperti sholat fardhu atau sholat wajib, hanya niat dan jumlah rakaatnya berbeda. Niat sholat dhuha adalah sebagai berikut:

image001

Setelah takbiratul ikhram dilanjutkan dengan membaca Surat Al-Fatihah, kemudian dilanjutkan dengan surat pendek. Adapun surat pendek yang disunnahkan ketika sholat dhuha adalah membaca Surat Asy-Syamsi pada rakaat pertama, sedangkan pada rakaat kedua disunnahkan membaca Surat Adh-Dhuha. Tuntunan ini sebagaimana diriwayatkan dalam hadits Nabi Saw.

Setelah rampung melaksanakan sholat sunnah dhuha, hendaknya membaca Doa Sesudah Sholat Dhuha berikut ini:

image003

Fadhilah atau keutamaan sholat dhuha antara lain adalah untuk melancarkan rizqi, pahalanya sama dengan umrah, sedekah bagi seluruh persendian, dan mendapatkan rumah di surga. Wallahu a’lam.

Shalat adalah tiang agama, melaksanakannya, adalah kewajiban yang harus ditunaikan oleh semua umat muslim. Tidak terkecuali melaksanakan sholat yang hukumnya sunat, seperti sholat dhuha ini.

Dengan melaksanakan sholat, agama Islam akan tegak. Jalinan silaturahmi antara umat Islam, terutama ketika melaksanakan sholat secara berjamaah akan membuat Islam semakin kokoh. Namun, khusus untuk sholat yang dilaksanakan di pagi hari ini, berjamaah hukumnya tidak wajib. Anda bisa melaksanakan sholat ini secara sendiri.

Selanjutnya : Artikel Lengkap Dampak Internet
Sebelumnya: Berkenalan dengan Terapi Refleksi dan Titik Refleksi Tangan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar