Sholat Sunah Muakkad


Kita memang diwajibkan untuk sholat 5 waktu. Namun, ada pula sholat sunnah yang bisa kita laksanakan agar kita mendapat manfaat yang lebih. Artikel ini akan menbahas tentang sholat sunnah dan manfaatnya bagi kita. Selamat membaca.

Sholat sunah muakkad adalah sholat sunnah yang sangat dianjurkan. Banyak manfaat yang didapatkan dari mendirikan sholat ini. Sesungguhnya sholat itu adalah saat-saat ‘bersandar’ kepada Ilahi. Inilah saat bermanja ria kepada Allah Swt. Sujud yang dalam sambil menghaturkan semua masalah dan memohon ampunan akan terasa begitu nikmat.

Jangan heran kalau banyak orang yang begitu senang melakukan sholat tambahan ini. Mereka berusaha untuk terus membuat sholat sunnah rawatib dan sholat sunnah lainnya menjadi amalan sehari-hari yang tidak terlewatkan kecuali ada halangan yang tidak bisa terelakan.

Berdekatan dengan Allah Swt itu menjadi satu kebutuhan yang luar biasa. Rasanya tidak bisa melanjutkan hidup kalau tidak ada sentuhan kasih dari Sang Maha Penyanyang. Harapan untuk mendapatkan pahala dan bayangan surga nan indah merupakan hal yang begitu menguatkan dan memberi semangat luar biasa.

Macam-macam Sholat Sunnah

Ada banyak ‘iming-iming’ yang berikan oleh Allah Swt bagi siapa pun yang senang melaksanakan sholat sunnah. Apalagi sholat sunnah yang muakkad seperti shilat dhuha. Sholat yang dilakukan setelah matahari terbit ini selain akan melancarkan rezeki, juga menghapuskan dosa, dan harapan mendapatkan istana nan indah di surga.

Doa yang dihaturkan dalam sholat dhuha ini begitu dahsyat. Hamba memohon agar rezekinya didekatkan, diturunkan, dipercepat, dan dihalalkan. Keberkahan hidup pun akan didapatkan karena hati menjadi lebih tenang. Sebelum meneruskan aktivitas, menegakkan sholat dhuha terlebih dahulu.

Apalagi kalau dini harinya melaksanakan sholat tahajud. Wajah bening dengan kecerdasan spiritual yang tinggi akan didapatkan. Godaan dunia yang begitu banyak, membuat umat merasa harus terus berdekatan dengan Sang Khalik. Janji Allah Swt itu pasti dan tidak akan tertukar walau dengan apa pun.

Hanya orang-orang yang beruntung yang mampu melakukan sholat sunnah ini secara terus-menerus. Keimanan yang sering kali goyah akan kembali pada garis yang stabil bila merasakan kehadiran Allah Swt dalam hatinya.

Tata cara sholat sunnah muakkad ini sama dengan sholat wajib. Pembedanya adalah niat dan waktunya. Kalau sholat sunnah rawatib tentunya sebelum dan sesudah sholat wajib. Begitu juga dengan sholat dhuha yang dipagi hari dan sholat tahajud disepertiga malam. Lakukanlah sholat sunnah ini sebagai tambahan pahala.

Selanjutnya : Menghadapi Proses Persalinan dan Tips Makanan Penambah Stamina Saat Melahirkan
Sebelumnya: Kerajaan Demak dan Wali Songo
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar