Siapa Tokoh yang Merumuskan Pancasila Dasar dan Falsafah Hidup Bangsa

Pancasila merupakan dasar negara bagi masyarakat Indonesia. Peranannya sungguh sangat penting dalam upaya melakukan dan menciptakan masyarakat yang sesuai dengan isi Pancasila. Hal tersebut disebabkan, Pancasila selain sebagai dasar negara, pun sebagai falsafah kehidupan bangsa Indonesia. Setiap orang yang berada di negeri ini, maka sudah seharusnya berkewajiban untuk menerapkan pola kehidupan sebagaimana isi dari Pancasila.

Tetapi, permasalahan yang paling mendasar ketika kita membicarakan mengenai Pancasila adalah siapa tokoh yang merumuskan Pancasila tersebut. Siapa saja orang yang mempunyai peranan besar dalam proses kelahiran Pancasila dan menentukan Pancasila sebagai bagian penting bagi kehidupan bangsa dan negara Indonesia.

Walaupun konsep ini sebenarnya sudah kita dapatkan informasinya pada saat kita mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran di sekolah, tetapi tetap saja ada hal penting yang harus kita dapatkan dari sisi lainnya. Hal ini karena sekolah memang bukan satu – satunya sumber informasi bagi proses pendidikan dan pembelajaran anak – anak. Masyarakat dapat saja menjadi sumber belajar anak – anak untuk menambah dan mendukung proses.

Anak – anak harus menadapatkan informasi sebanyak – banyaknya sementara sekolah, dalam hal ini guru sangat terbatas sumber informasi serta waktu untuk menyampaikan informasi tersebut. Oleh karena itulah, peranan sumber informasi dapat ditambahkan oleh masyarakat salah satunya adalah mengetahui siapa tokoh yang merumuskan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Siapa Tokoh Perumus Pancasila

Dalam konteksnya, perumus Pancasila ada 3 (tiga) orang, yaitu Ir Soekarno, Dr. Soepomo, dan Muhammad Yamin. Ketiga orang inilah yang secara intens melakukan proses penyusunan detail Pancasila. Mereka bertiga mempunyai gagasan terkait dengan segala hal yang dapat dijadikan sebagai landasan kehidupan bangsa dan negara ini. Dan, semua gagasan tersebut merupakan hasil dari pemikiran mendalam pada pengalaman hidup bangsa dan negara ini. Dan, gagasan tersebut disampaikan pada beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh para pimpinan pemuda dan tokoh bangsa pada saat tersebut.

  • Muhammad Yamin; adalah salah satu tokoh yang merumuskan dan mengusulkan lima landasan kehidupan yang perlu dijadikan acuan bagi bangsa dan negara Indonesia, yaitu Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri Ketuhanan, Peri Kerakyatan, dan Kesejahteraan Rakyat. Rumusan ini disampaikan Muhammad Yamin pada pidatonya tanggal 29 Mei 1945. Dasar pemikiran Muhammad Yamin atas rumusannya adalah bahwa semuanya didasarkan pada sejarah, peradaban, agama, dan kehidupan bertatanegara yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.
  • Ir. Soekarno ; materi ini menjadi dasar penentuan hari kelahiran Pancasila. Saat itu Ir Soekarno menyampaikan pidato pada tanggal 1 Juni 1945. Isi rumusan Ir Soekarno meliputi Kebangsaan, Internasionalisme, Mufakat, kesejahteraan, dan Ketuhanan. Lima isi rumusan inilah yang oleh Ir Soekarno diberi nama Pancasila yang artinya Lima Dasar.
  • Dr. Soepomo; tokoh satu ini menyampaikan rumusan dasar bagi kehidupan berbangsa dan bernegara yang meliputi Negara kesatuan, Negara beragama, system badan permusayawaratan, sosialisasi  Negara, dan hubungan antarbangsa.

Dengan artikel ini, semoga terjawab pertanyaan siapa tokoh yang merumuskan Pancasila yang selanjutnya menjadi dasar negara dan falsafah hidup bangsa ini. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Jenis dan Penggunaan Obat Gatal
Sebelumnya: Menemukan Keindahan Dalam Manfaat Sodaqoh
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...