Informasi Tentang Siapa yang Membawa Agama Hindu ke Indonesia


Adanya agama Hindu di negara ini tidak terlepas dari siapa yang membawa agama Hindu ke Indonesia. Beberapa ahli sejarah mengungkapkan bahwa agama Hindu masuk ke Indonesia dikarenakan hubungan perdagangan antara Indonesia dan India. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagain besar masyarakat India adalah penganut agama Hindu. Sehingga mereka yang datang ke Indonesia mayoritas adalah yang beragama Hindu.

Namun, beberapa teori mengungkapkan versi yang berbeda-beda tentang bagaimana agama Hindu bisa masuk ke Indonesia. Sedikitnya ada lima teori yang mengungkapkan pendapatnya masing-masing tentang masuknya agama Hindu  ini. Kelima teori tersebut adalah:

•    Teori Brahmana. Pada teori Brahmana pertama kali dikemukakan oleh Van Leur. Beliau mengungkapkan bahwa pembawa agama Hindu ke Indonesia adalah dari golongan Brahmana atau pendeta umat Hindu. Golongan Brahman adalah satu-satunya orang yang bertanggungjawab untuk menyebarkan agama Hindu ke seluruh dunia.

•    Teori Ksatria. Teroi ini menyebutkan bahwa penyebar agama Hindu ke Indonesia berasal dari golongan prajurit yang didatangkan dari negeri India untuk menakhlukkan beberapa wilayah di Indonesia. Cukup logis, sebab Indonesia memang dulunya memiliki kerajaan-kerajaan Hindu.

•    Teori Waisya. Teori yang diungkapkan oleh “Krom” menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu tidak terlepas dari pengaruh hubungan perdagangan yang dilakukan Indonesia dengan negara India. Teori inilah yang masih dipercaya sepanjang waktu. Sebab, memang zaman dulu roda perekonomian berbagai negara dominan dilakukan dengan perdagangan. Apalagi, zama dulu para pelaut-pelaut ulung memanfaatkan jalur laut untuk berdagang di negara-negara yang disinggahinya.

•    Teori Sudra. Lain hal lagi dengan pendapat dari mereka yang meyakini teori sudra. Mereka berpendapat bahwa masuknya agama Hindu ke Indonesia adalah peranan dari kaum budak di Inida yang datang ke Indonesia untuk mengubah nasib.

•    Teori Timbal Balik. Pada teori ini dikemukakan bahwa penyebaran agama Hindu di Indonesia sebanarnya dari bangsa Indonesia itu sendiri. Sebab, pada zaman kerajaan Sriwijaya, raja memerintahkan beberapa orang utusannya untuk mengetahui tentang ajaran agama Hindu di India. Ketika utusannya kembali, maka utusan tersebut wajib menyebarluaskan ajaran Hindu di Indonesia.

Jadi, sampai detik ini siapa yang membawa agama hindu ke Indonesia masih simpang siur. Kendati demikian, yang terpenting bukanlah siapa pembawanya, melainkan bagaimana nilai-nilai baik yang diajarkan dalam agama hindu tersebut.

Selanjutnya : Beberapa Jenis Puasa untuk Mengecilkan Badan
Sebelumnya: Beberapa Jenis Jus Sayuran untuk Menurunkan Berat Badan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar