Mengenal Sifat-sifat Ikan Lele dan Gurame


Lele dan gurame merupakan jenis ikan air tawar yang sangat digemari masyarakat. Bahkan sering dipilih untuk diolah dan dijadikan lauk pauk. Oleh sebab itu, banyak peternak yang tertarik untuk membudidayakan kedua jenis ikan tersebut. Meski sifat-sifat ikan lele dan gurame itu tidak sama, namun keduanya tetap punya nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Karakter Ikan Lele

Di Indonesia, jenis ikan lele yang paling sering dikembangbiakan, yaitu jenis Gloroans batrachus. Ikan lele jenis ini mempunyai ciri berwarna gelap atau hitam agak keabu-abuan. Daerah penyebaran ikan ini ada di Asia dan Afrika.

Habitat dari ikan ini adalah sungai yang arusnya tidak begitu deras atau perairan lain yang lebih tenang. Misalnya waduk, danau, rawa-rawa, telaga, dan sebagainya. Meski sebelumnya ikan lele merupakan ikan liar yang hidup di alam bebas, tapi sekarang banyak yang memeliharanya dan dijadikan sebagai peluang usaha.

Selama ini lele juga terkenal sebagai ikan yang punya daya tahan lebih tinggi terhadap kotoran atau pencemaran organik. Bahkan ketika diletakan air comberan, lele tetap dapat bertahan hidup. Yang terpenting adalah selalu berada di dataran rendah dengan suhu yang tidak terlalu dingin.

Selain itu, ikan ini lebih suka mencari makan pada waktu malam hari. Ketika siang dia lebih suka berdiam diri dalam lubang atau sarang dan tempat lain yang tidak ada ombaknya. Sarang-sarang ini dibuat di daerah tepian rawa atau sungai yang menjadi tempat tinggalnya.

Sementara itu, makanan yang disukai adalah cacing, siput, larva, kutu air dan sebagainya. Meskipun demikian jika diperlihara dapat diberi makanan jenis apa saja. Namun yang paling bagus adalah makanan dari bahan hewani.

Karakter Ikan Gurame

Berbeda dengan lele, ikan gurame lebih mudah ditemui di Asia dan Australia. Bentuk tubuh ikan ini lebih panjang namun pipih dan tertutup sisik yang kasar dan besar. Apabila dilihat dari arah samping, gurame terlihat tinggi dan bulat.

Dibandingkan dengan lele dan ikan budidaya, masa pertumbuhan gurame jauh lebih lambat. Tapi daging gurame punya rasa yang begitu lezat dan punya kandungan gizi yang sangat tinggi. Oleh karena itu, meski harganya relatif lebih mahal, tapi tetap banyak yang menyukainya.

Ketika usianya telah menginjak satu tahun, ikan tersebut hanya memiliki tubuh berukuran 15 cm. Bandingkan dengan lele yang baru tiga bulan saja sudah bisa dipanen. Lalu di tahun kedua, panjangnya dapat menjadi 25 cm. Semoga dengan mengetahui sifat-sifat ikan lele dan gurame ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk menentukan jenis ikan yang ingin dibudidayakan.

Selanjutnya : Contoh Fokus Diri Dalam Kehidupan
Sebelumnya: Peta Banten Jawa Barat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar