Sifat-sifat Komunikasi Antarpribadi

Sifat-sifat komunikasi antarpribadi bisa kita jadikan bahan untuk mengetahui apa itu komunikasi antarpribadi. Dalam ilmu komunikasi, terdapat beberapa bentuk komunikasi yang dilakukan oleh manusia dalam hidupnya, yaitu komunikasi intrapribadi, komunikasi kelompok, komunikasi massa, komunikasi antarbudaya, komunikasi bisnis, dan komunikasi antarpribadi. Masing-masing bentuk komunikasi tersebut memiliki sifat yang berbeda. Perbedaan tersebut terletak dari komponen komunikasi yang membangunnya.

Kita hidup tidak bisa tanpa orang lain. Berhubungan dengan orang lain tentu menggunakan komunikasi. Komunikasi yang melibatkan orang lain disebut dengan komunikasi antarpribadi. Komunikasi antarpribadi ini kebalikan dari komunikasi intrapribadi atau komunikasi dengan diri sendiri. Bentuk komunikasi yang sering terjadi adalah komunikasi antarpribadi. Hampir setiap hari kita berhubungan dan berkomunikasi dengan orang lain, apakah itu dengan anggota keluarga, teman, tetangga, dan orang yang baru kita kenal.

Apa Itu Komunikasi Antarpribadi?

Komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang terjadi antara satu orang atau lebih dalam sebuah konteks komunikasi. Komunikasi antarpribadi ini terjadi bisa secara terorganisasi maupun dengan kerumuman orang. Para ahli teori komunikasi memberikan pengertian mengenai komunikasi antarpribadi dalam sudut pandang yang berbeda-beda. Penyampaian pesan oleh satu orang kepada orang lain atau penerima pesan dan sekelompok kecil orang, akan memberikan dampak, dan peluang untuk memberikan umpan balik secara langsung.

Sifat-sifat komunikasi antarpribadi yang paling menonjol bisa dilihat dari hubungan diadik atau berhubungan dengan dua orang atau lebih. Hubungan diadik dalam komunikasi antarpribadi ini diartikan sebagai komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih yang memiliki hubungan yang jelas dan mantap. Komunikasi tatap muka yang terjadi antara suami dan istri, penjual dengan pembeli merupakan bentuk dari komunikasi diadik. Komunikasi diadik ini bersifat informal dan spontan. Pihak yang terlibat komunikasi saling menerima dan member umpan balik secara optimal.

Efektivitas Komunikasi Antarpribadi

Pada prinsipnya, komunikasi antarpribadi adalah komunikasi yang terjadi antara komunikator dan komunikan. Komunikasi antarpribadi paling efektif mengubah pendapat, sikap atau perilaku orang lain. Komunikasi antarpribadi sifatnya dialogis. Artinya, ada arus balik yang terjadi secara langsung. Komunikator bisa mengetahui apa tanggapan komunikan pada saat itu juga. Komunikator dapat mengetahui secara pasti komunikasinya apakah positif, negatif, serta berhasil atau tidak. Jika komunikasi tidak berhasil, komunikator bisa memberi kesempatan kepada komunikan untuk bertanya balik.

Komunikasi antarpribadi memiliki peran yang cukup besar untuk mengubah sikap seseorang. Hal itu disebabkan komunikasi antarpribadi sebagai proses penggunaan informasi secara bersama-sama. Pihak-pihak yang berkomunikasi mendapatkan kerangka pengalaman yang sama, serta saling pengertian yang lebih besar dari informasi yang disampaikan. Kerangka pengalaman yang sama maksudnya adalah akumulasi dari pengetahuan, kepercayaan, nilai-nilai, dan sifat-sifat lain yang ada dalam diri seseorang.

Demikianlah ulasan singkat mengenai sifat-sifat komunikasi antarpribadi yang bisa dilihat dari prosesnya sebagai komunikasi diadik, di mana pihak yang berkomunikasi terdiri dari lebih satu atau dua orang dan saling berbagi makna. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Tips Belanja Elektronik di Malaysia Agar Aman dan Nyaman
Sebelumnya: Upaya Mencegah Wabah Demam Berdarah
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar