Sifat-Sifat Manusia Menurut Islam


Sifat-sifat manusia menurut Islam sudah tercantum jelas di dalam Al-Qur’an. Allah Swt. Telah menuliskan dan menggambarkan sifat-sifat manusia dalam surat Adz-Dzariyat ayat 15 hingga 19 mengenai ciri atau sifat-sifat manusia yang bertakwa.

Firman Allah Swt menyebutkan bahwa ciri atau sifat orang yang bertakwa di antaranya rajin melaksanakan qiyamullail atau shalat malam, memohon ampunan pada Allah (beristighfar) saat waktu sahur atau waktu penghujung malam, serta suka berbagi dan memberi orang-orang yang membutuhkannya.

Melaksanakan Shalat Malam

Orang yang bertakwa ialah orang yang rajin melaksanakan shalat malam atau shalat tahajud. Ini termasuk dari sifat-sifat manusia yang bertakwa. Rasulullah saw telah menginformasikan kepada seluruh sahabatnya akan perilaku dan kebiasaan orang-orang shalih dahulu yaitu mendekatkan diri kepada Allah atau taqarrubillallah, membentengi diri dari segala macam perbuatan dosa.

Dengan melaksanakan shalat malam akan menghilangkan banyak penyakit dari dalam tubuh. Kita pun akan selalu introspeksi diri menjalani kehidupan. Menghilangkan sifat buruk atau sifat jahat yang kadang terlintas dari hati kita. Selalu mengingat Allah dan melakukan setiap perintahnya dengan ikhlas.

Beristighfar di Kala Penghujung Malam

Banyaknya dosa dan perbuatan yang tidak disengaja kadang kita lakukan. Tanpa sadar, mungkin ada banyak orang yang tersakiti oleh lisan kita. Betapa penyayangnya Allah Swt dengan memberikan kita kesempatan untuk bertaubat. Allah memberikan kita waktu di penghunjung malam untuk beristighfar memohon ampunan dari semua perbuatan dosa yang pernah kita lakukan.

Menangis dan bersujud saat penghujung malam, menasbihkan memuji Allah serta memohon ampun dengan sebenar-benarnya taubat. Allah akan mengampuni semua dosa yang pernah kita perbuat asalkan kita benar-benar melakukan taubatan nasuha.

Menolong Orang yang Membutuhkan

Islam adalah agama yang sempurna. Tiap ajaran yang dibawa oleh Rasulullah saw atas perintah Allah Swt selalu memberikan kebaikan bagi umatnya. Salah satu sifat baik menurut Islam yang tercantum dalam Al-Qur’an adalah membantu atau menolong orang-orang yang membutuhkan. Tentu saja perbuatan menolong ini untuk kebaikan dan bukan untuk kejahatan. Contohnya membantu tetangga kita yang kurang mampu dengan memberikan makanan ala kadarnya.

Menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain adalah satu di antara sifat-sifat manusia menurut Islam. Hidup penuh manfaat dan kebaikan bagi semua orang agar Allah SWT memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat.

Selanjutnya : Cerita Tentang Sahabat Rasulullah Umar
Sebelumnya: Sifat Serigala Terhadap Betinanya
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar