Sifat Trigonometri dan Cara Menghafalnya


Salah satu bahagian yang terkadang sering membuat orang-orang ‘takut’ untuk mempelajari matematika adalah saat dihadapkan pada berbagai rumus-rumus yang tentu sangat sulit untuk dipelajari apalagi dihafal.

Trigonometri misalnya, salah satu cabang dari ilmu matematika ini tergolong sulit dipelajari, apalagi anda yang memang tidak menyukai hal-hal yang berkenaan dengan angka-angka, perkalian maupun penjumlahan dan hal lainnya.

Akan tetapi sebagai suatu cabang ilmu matematika, mengenal sifat trigonometri dan cara menghafalnya dengan berbagai metode, dapat anda pelajari minimal sebagai pengetahuan yang bersifat umum agar anda tidak terlalu ‘kaku’ jika sewaktu-waktu berhubungan dengan cabang ilmu ini.

Menurut sejarahnya, sejak zaman mesir kuno, trigonometri sudah dikenal dan digunakan dalam berbagai penghitungan. Adalah lagadha, seorang alhli metematika asalh negeri ‘bollywod’, india, yang pertama sekali merintis penghitungan trigonometri pada variabel hitungan aljabar.

Perkembangannya kemudian, menghadirkan beragam keuntungan bagi manusia dalam mendalami cabang ilmu yang satu ini. Salah satu kegunaan terpenting dari ilmu trigonometri yang sangat dirasakan manfaatnya oleh manusia saat sekarang ini adalah: manusia mampu menghitung jarak bumi dengan bintang-bintang, dan digunakan dalam memahami koridor sistem navigasi satelit.

Sifat trigonometri sendiri, dapat dijabarkan dalam beberapa variabel rumus. Akan terlalu panjang sekali bila semua variabel rumus tersebut dijabarkan satu persatu. Oleh sebab itu, untuk mengerti sifat-sifat trigonomteri, secara umum yang perlu diketahui adalah rumus trigonomteri yang dikenal secara umum yakni :

Sifat Trigonometri dan Cara Menghafalnya

Rumus tersebut cukup dihafal sin θ, cos θ, dan tan θ saja. Anda bisa menerapkan metode demisa atau kepanjangan dari depan, miring dan samping. Atau perhatikan sifat-sifat penting lainnya dari trigonemetri beriktu ini:

Sin2 x + cos x = 1 , 1+tan2 x = sec2 x, 1+cot2 x= cosec2 x
•    sin (-x) = sin x dan cos (-x) = cos x
•    sin (x+y) = sin x . Cos y + cos x . Sin y
•    cos (x+y) = cos x . Cos y – sin x . Sin y
•    sin2x = ½ – ½ cos (2x) dan cos2x = ½ + ½ cos 2x
•    sin x + sin y = 2 sin 1/2 (x+y) . Cos 1/2 (x+y)
•    cos x + cos y = 2 cos 1/2 (x+y). Cos 1/2 (x+y)

Sifat-sifat umum dalam penjabaran di atas, adalah sebagian kecil dari sifat-sifat trigonometri lainnya. Akan sangat bijak, jika anda tidak terlalu fokus untuk menghafalnya, namun memahami secara mendalam dengan menerapkan berabagai latihan dalam memecahkan soal-soal trigonometri adalah jauh lebih baik. Selamat belajar!

Selanjutnya : Mengenal Kepribadian Melalui Ilustrasi Gambar
Sebelumnya: Memahami Ciri Khas Tari Kontemporer
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar