Sikap Lilin Senam Lantai Melenturkan Tubuh


Sikap Lilin Senam Lantai

Sikap lilin senam lantai memerlukan ketangkasan, kekuatan, dan keseimbangan. Sikap lilin merupakan salah satu jenis senam lantai. Untuk berlatih sikap lilin bisa meminta bantuan teman dan dilakukan bergantian.

Pada sikap lilin gerakan yang dilakukan adalah tidur terlentang. Kedua kaki secara bersama-sama diangkat ke atas, kedua tangan menopang pinggang dan pundak menempel di lantai. Dalam gerakan sikap lilin, otot perut membantu menopang pinggang.

Secara ringkas gerakan senam sikap lilin adalah tidur terlentang, pandangan ke atas, posisi kedua tangan berada di samping badan. Lalu angkat ke atas kedua kaki lurus dan rapat.

Seluruh pundak dan kedua tangan menjadi landasan. Selanjutnya, pertahankan beberapa saat.

Selain sikap lilin pada senam lantai ada juga gerakan yang disebut guling depan dan kayang. Guling depan (forward roll) yaitu gerakan guling ke arah depan.

Langkah-langkahnya berdiri tegak dan kedua tangan diluruskan di samping badan. Angkat kedua tangan ke arah depan, letakkan telapak tangan dua-duanya di atas matras, bungkukkan badan. Siku ke samping, masukkan bagian kepala di antara kedua tangan.

Sentuhkan bahu pada matras, lalu bergulinglah ke depan. Selanjutnya, kedua lutut dilipat, tarik lutut dan dagu ke dada. Posisi tangan erat merangkul lutut. Sikap akhirnya adalah jongkok lalu berdiri tegak.

Sedangkan kayang adalah sikap yang membusur dengan posisi tangan dan kaki bertumpu di matras. Posisinya terbalik, meregang serta mengangkat panggul dan perut.

Gerakan kayang menempatkan kaki dengan lebih tinggi dan memberikan tekanan terhadap bahu serta sedikit tekanan pada pinggang.

Manfaat gerakan kayang untuk membuat kelentukan bahu. Gerakan kayang dilakukan dengan cara sikap awal berdiri, lalu kedua tangan ditumpukan pada pinggul. Kedua kaki dan siku ditekuk, kepala dilipat ke arah belakang.

Selanjutnya kedua tangan diputar ke arah belakang hingga menyentuh matras untuk dijadikan tumpuan. Badan dalam posisi melengkung seperti busur.

Kayang merupakan sikap badan yang telentang membusur. Kedua tangan, kaki dan lutut menjadi tumpuan. Gerakan kayang mudah dilakukan jika memiliki kekuatan di otot perut, paha dan punggung.

Demikian uraian beberapa gerakan senam lantai. Melakukan gerakan sikap lilin senam lantai dan gerakan-gerakan senam lantai lainnya akan membantu menjaga kelenturan tubuh.

Selanjutnya : Minyak Misik Hitam Khasiatnya Apa Saja?
Sebelumnya: Kisah Pengusaha Sukses di Usia Muda
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar