Sikap Seorang Pemimpin Keluarga yang Baik


Keluarga adalah harta yang luar biasa. Terlebih karena keluarga berisi orang-orang yang siap membantu kita tanpa pamrih. Keluarga yang sempurna adalah keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak yang hidup dengan bahagia.

Keluarga bahagia bukan berarti keluaga tanpa masalah. Namun keluarga yang pernah mendapatkan masalah namun bisa mengatasi dengan baik dengan kepala dingin tanpa harus banyak pertengkaran yang tak penting. Dan keadaan keluarga yang baik dipengaruhi oleh sikap seorang pemimpin keluarga yang baik.

Seorang kepala rumah tangga atau ayah memiliki peran penting dalam keluarga. Pasalnya, seorang ayah adalah imam bagi keluarganya yang menjadi figur bagi anggota keluarga yang lainnya.

Seorang ayah diharapkan memiliki figur yang baik untuk anak-anaknya, memiliki sikap yang lembut terhadap istrinya, dan bisa bersikap sesuai dengan kebutuhan keadaan. Seorang pemimpin yang baik adalah orang yang mampu menuntun keluarganya ke jalan yang benar.

Contoh sikap pemimpin keluarga yang patut diacungi jempol adalah seorang pemimpin yang :

1.    Mampu memenuhi kebutuhan anak dan istri.
2.    Bekerja keras. Mencari pekerjaan yang halal untuk menafkahi anak dan istri. Bekerja di tempat yang baik.
3.    Bertanggung jawab sehingga keluarganya aman.
4.    Setia, tidak neko-neko, tidak suka main belakang, dan memiliki niatan ingin membahagiakan anak dan istri.
5.    Tidak suka berkata-kata kasar.
6.    Tahu bagaimana harus bersikap.
7.    Mampu mengayomi anak-anak dan mampu menuntun istri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
8.    Jujur.
9.    Tidak mudah putus asa sehingga mampu menyemangati keluarganya.
10.    Tidak suka berpikir negatif terhadap orang lain.

Itulah contoh sikap seorang pemimpin keluarga yang baik. Seorang laki-laki yang mampu memimpin keluarganya dengan baik tentu bisa memimpin negara dengan baik. jadi, untuk menilai seseorang pantas atau tidak duduk di kursi pemimpin Indonesia, lihat dulu bagaimana kehidupan rumah tangganya.

Apakah baik atau buruk. Karena yang pertama harus dilihat pertama kali adalah kepribadian, sikapnya di rumah. Bagaimana bisa memimpin negara Indonesia jika sikapnya di rumah atau di keluarga sudah tidak baik.

Selanjutnya : Empat Tempat Paling Misterius Di Semarang
Sebelumnya: Mengenal Penyakit Campak pada Anak
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar