Siklus Haid Pasca Melahirkan


Siklus haid pascamelahirkan biasanya berdekatan dengan Nifas. Haid adalah darah yang keluar melalui kemaluan seorang wanita, bukan karena sakit yang menyebabkan dia keluar darah, juga bukan karena melahirkan, serta wanita tersebut bukan telah mencapai usia haid yaitu genap berumur 9 tahun.

Sedangkan darah yang keluar dari kemaluan wanita setelah melahirkan dinamakan dengan Nifas. Meskipun wanita tersebut telah mengalami keguguran yang keluar hanya berupa gumpalan darah dan gumpalan daging dan tidak terpisah waktu putus darah selama 15 hari. Maksud dari melahirkan pada judul diatas adalah kosongnya rahim seorang wanita. Selesainya masa hamil.

Perumpamaan:

Pada tanggal : 1 melahirkan lalu keluar darah selama        : 10 hari
Pada tanggal : 11 darah berhenti sampai            : 10 hari
Maka     10 hari setelah melahirkan pertama di hukumi            : haid
10 hari selanjutnya                        : suci

Diatas adalah perumpamaan pada keadaan seorang wanita pada umumnya. Tetapi tidak semua orang wanita setelah melahirkan mengalami haid. Kadang-kadang ada juga seorang wanita yang tidak haid sama sekali setelah melahirkan, dan ini bukanlah suatu penyakit atau pertanda buruk. Ini adalah hal yang normal, karena hormon pada setiap wanita berbeda-beda.

Selain penyebab dengan adanya hormon, siklus masa haid pascamelahirkan terkadang juga dipicu oleh siklus haid sebelum melahirkan. Terkadang ada yang siklusnya panjang dan kadang juga ada yang siklusnya pendek. Itu semua tergantung pada keadaan seorang wanita tersebut.

Penyebab lain yang mempengaruhi siklus haid adalah dengan minum jamu habis melahirkan. Karena pada umumnya wanita yang baru melahirkan juga mempengaruhi postur tubuh yang menjadi gemuk. Karena itu biasanya banyak wanita yang habis melahirkan minum jamu untuk diet. Yang terakhir adalah masalah spikologis seorang wanita. Terkadang seorang wanita ada yang merasa depresi setelah melahirkan, dan ini juga memicu siklus haid wanita tersebut. Karena pengaruh yanng paling utama dengan kondisi pada tubuh adalah pikiran.

Apabila siklus haid pascamelahirkan tidak teratur, maka tetap saja mengunakan alat kontrasepsi. Supaya jarak antara kehamilan pertama dan kedua tidak begitu dekat. Karena wanita masih berada pada kondisi pemulihan kandungan.

Selanjutnya : Situs Film Bioskop Indonesia
Sebelumnya: Berburu Foto Syuting Mobil si Doel
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar