Silsilah Raja-raja di Kerajaan Samudera Pasai


Samudera pasai adalah kerajaan Islam pertama di Indonesia. Kerajaan ini adalah kerajaan terbesar Islam pada masa itu.  Kerajaan Samudera Pasai adalah salah satu bukti bahwa pengaruh perkembangan Islam begitu besar di indonesia.

Silsilah raja-raja di Kerajaan Samudera Pasai  ada lebih dari 10 raja. Raja-raja itulah yang berhasil memimpin kerajaan pajang. Berikut beberapa raja yang pernah memimpin Kerajaan Samudera Pasai :

1. Sultan Malik As-Saleh. Sultan Malik as-Saleh yang memiliki nama  asli Marah Silu pada tahun 1267. Sejarah ini ditemukan dalam kitab rihlah musafir Maroko. Dan kesultanan ini berakhir pada tahun 1521 setelah diserang oleh Portugal.

2. Sultan Malik Az-Zahir. Sultan adalah anak dari Marah Silu atau Sultan Malik as-Saleh.  Dalam masa perkembangan pemerintahannya, Samudera Pasai mulai dikenalkan pada alat jual beli yaitu uang koin.

3. Sultan Mahmud Malik Az-Zahir. Sultan Mahmud dikunjungi oleh Ibnu Batutah yang menurutnya disambut dengan tangan terbuka dan baik sekali.

4. Sultan Ahmad Malik Az-zahir. Runtuhnya kerajaan masa pemerintahan Sultan Ahmad adalah saat diserang oleh Majapahit.

5. Sultan Zain Al-abidin malik Az-Zahir.

6. Sultanah Nahrasiyah adalah seorang ratu yang memimpin Samudera Pasai selanjutnya. Dia adalah seorang janda yang ditinggal oleh sultan pasai sebelumnya.

7. Sultan Sallah Ad-Din adalah sultan yang berhasil menikahi Sultanah Nahrasiyah yang secara otomatis memegang kendali atas kerajaan.

8. Sultan Abu Zaid  Malik Az-Zahir

9. Sultan Mahmud Malik Az-zahir

10. Sultan Zain Al-Abidin III. Kerajaan Samudera Pasai berakhir pada pemerintahan di jaman sultan Zaid ini. Yaitu saat menghadapi Portugal.

Pusat pemerintahan Kerajaan Samudera Pasai adalah di antara Krueng Jembo Aye dengan Krueng Pase. Kerajaan ini tepatnya terletak di daerah pesisir pantai utara Lhoksemawe Aceh Utara. Dan mungkin inilah sejarah mengapa di Aceh mayoritas beragama muslim. Dan disebut-sebut serambi mekah karena dahulu di sana terdapat kerajaan islam pertama dan kerajaan islam yang besar.

Ini hanya merupakan sebagian kecil silsilah raja-raja Samudera Pasai yang berhasil dirangkum. Semoga bermanfaat!

Selanjutnya : Dongeng Pendek Kura-kura dan Monyet dalam Bahasa Inggris dari Berbagai Versi
Sebelumnya: Manfaat dari Sungai Nil
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar