Simbol dan Keterangan Peta Geologi


Peta adalah sebuah gambaran dunia jika dibuat datar. Peta menggunakan skala  1 : 25.000 (peta detail), skala 1 : 50.000 (peta semi detail), skala 1 : 250.000 (peta tinjau). Peta yang dibuat di sebuah bola disebut globe.

Globe adalah peta dunia yang menyerupai planet bumi. Peta mempermudah kita mengetahui letak sudatu daerah atau negara.  Dalam peta terdapat beberapa simbol yang menggambarkan gunung, laut, tinggi rendahnya suatu dataran, dan beberapa simbol garis. Dan berikut beberapa penjelasan mengenai komponen peta dan simbol dan keterangan peta geologi.

1. Judul
2. Legenda
3. orientasi atau tanda arah
4. skala
5. simbol. Terdapat simbol wana dan simbol bentuk.

a.    Simbol bentuk adalah simbol yang dibuat khusus untuk membedakan atau memberi identitas pada benda alam di bumi yang berbeda dengan benda bumi lainnya.misalnya saja  simbol titik, simbol garis, simbol area, simbol aliran, simbol batang, simbol lingkaran, simbol bola.

Lalu simbol warna peta digunakan untuk memberikan cirri pada kenampakan di bumi. Warna ini menunjukkan kualitas, kuantitas. Warna-warna tersebut adalah, warna hijau, hijau muda, kuning, cokelat muda, cokelat, biru keputihan, biru muda, biru tua.

6. Tipe huruf
7. Garis astronomis
8. Inset (peta kecil yang diselipkan di sebuah peta utama)
9. Garis tepi peta
10. Sumber dan tahun pembuatan
11. Garis lintang dan garis bujur

Ada beberapa jenis peta berdasarkan isi data yang disajikan yaitu ada peta umum yang dibagi menjadi tiga jenis peta yakni : peta topografi, peta korigrafi, peta dunia atau peta geografi. Yang lainnya adalah peta khusus yang dibuat berdasarkan kegunaan khusus, misalnya saja peta geologi, peta politik, dan lainnya.

Lebih khusus mengenai peta Geologi adalah peta yang dibuat untuk digunakan sebagai informasi untuk mengetahui kandungan mineral dalam tanah, susunan lapisan batuan, dan sebagai bahan informasi letak georafis atau keadaan georafis suatu daerah.

Peta Geologi memiliki beberapa macam berdasarkan geologisnya yaitu  peta  Geologi permukaan, peta singkapan, peta ikhtisar geologis, peta struktur, peta hidrogeologi, peta fotogeologi, peta isofach,  peta tofografi, peta geologi tematik dan sistematik. Sekian artikel mengenai  simbol dan keterangan peta Geologi.

Selanjutnya : Download Game Petualangan Seru untuk Teman Suntuk
Sebelumnya: Manfaat Eceng Gondok di Kolam Ikan
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar