Kesenian Simbol Khas Banten

Simbol khas Banten tentu tidak akan terlepas dari ciri khasnya. Banten sendiri terkenal dengan kesenian aslinya yang sangat tenar di dalam dan luar negeri. Apalagi kalau bukan debus. Yakni kesenian yang telah turun temurun dilestarikan di Banten. Kesenian ini terkenal dengan atraksinya yang sarat akan nilai magis.

Perpaduan antara seni tari, seni suara dan kebatinan yang dikombinasikan dalam bentuk kesenian ini sangat terasa kental nuansa mistisnya. Biasanya debus disajikan sebagai pertunjukan yang melengkapi proses ritual adat dan juga sebagai hiburan dalam acara-acara masyarakat. Yang menarik dari kesenian debus ini adalah atraksi ekstrim yang dipertontonkan untuk memperlihatkan kekebalan tubuh para pemainnya.

Seperti adegan perut yang ditusuk menggunakan senjata bernama “gada”, memakan api, menusukkan jarum pada lidah dan menembus anggota tubuh lainnya. Selain itu juga terdapat adegan menggunakan air keras yang disiramkan ke seluruh tubuh hingga menghancurkan pakaian yang dikenakan pemain. Namun yang menimbulkan decak kagum, semua adegan tersebut sama sekali tidak mengakibatkan luka ataupun lecet sedikit pun di tubuh para pemain tersebut.

Ada juga jenis kesenian tradisional tari cokek yang memadukan kesenian khas China dan Sunda. Pada awalnya memang tari cokek berasal dari Betawi dan Tangerang. Namun lama kelamaan tarian yang disuguhkan oleh sepuluh orang penari wanita dan tujuh orang pria yang memainkan alat musik pengiringnya yang bernama “gamang kromong” ini berkembang di Banten.

Tarian ini tergolong mudah diikuti para penontonnya. wajarlah jika kemudian banyak orang yang menyukai jenis tarian ini. Busana yang dikenakan para penari pun sangat indah dilihat karena warnanya yang mencolok, yakni perpaduan warna merah, hijau, kuning dan ungu dari jenis kain sutra yang semakin indah ketika terkena sorotan lampu. Tampilan penari pun diindahkan sedemikian rupa dengan selendang dan juga hiasan sanggul di rambut para penarinya.

Ada juga jenis batik Banten yang terkenal karena tampilan warnanya yang meriah. Motifnya yang sederhana namun tampak indah juga mudah divariasikan dalam bentuk pakaian apapun. Sebab inilah batik Banten terkenal dimiliki banyak peminat dari daerahnya sendiri juga dari daerah lain. Ada juga seni Rudat yang menjadi simbol khas Banten dengan memadukan seni tari, shalawat, serta tetabuhan terbang dan tepukan tangan.  Semua kesenian itu masih bisa dinikmati hingga kini.

Loading...
Selanjutnya : Tahapan Persalinan dalam Video Proses Bersalin Secara Normal
Sebelumnya: Nokia C3 Vs Nokia E63
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar