Bahan Sintetis pada Kain


Sintetis pada kain telah jadi pilihan para produsen yang bergerak di bidang bisnis bidang tekstil. Corak yang dihasilkan terlihat lebih cerah dan menarik ketimbang warna kain yang terbuat dari bahan alami.  Anda penyuka fashion? Memahami perbedaan warna kain mulai dari alami atau buatan sangat perlu sekali. Karena sangat mempengaruhi proses perawatan kain.

Bahan dasar kain berasal dari empat sumber, antara lain:

  • Animal Textiles ( bahan baku dari binatang ),
  • Plant Textiles ( bahan baku dari tumbuhan ),
  • Mineral Textiles ( bahan baku dari bahan tambang,
  • Synthetic Textiles ( bahan baku dari bahan buatan / kimia / sintetis.

Disini, kita akan membahas sekelumit bahan sintetis pada kain. Dari sejarahnya, sejak ribuan tahun sebelum Masehi seperti pada tahun 2.640 SM negara Cina sudah menghasilkan serat sutera. serat dikenal orang dan tahun 1.540 SM telah berdiri industri kapas di India.

Serat merupakan benda yang berbanding panjang diameternya sangat besar, bahan baku yang digunakan dalam pembuatan benang dan kain. Serat punya peranan penting karena akan mempengaruhi sifat kain yang dihasilkan. Begitu juga dengan cara pengolahan benang secara mekanik maupun pengolahan secara kimia.

Produksi serat alam hingga saat ini semakin menurun karena kenaikan serat sintetis jauh lebih tinggi karena serat alam terbatas kesediaannya, sifat serat sintetis lebih baik dari serat alam, begitu juga dengan jumlah produksi serat sintetis bisa diatur terutama pada volume, sifat, bentuk dan ukuran. Serat sintetis dibuat dari polimer alam, polimer sintetik, dan lainnya. Sifatnya lebih kuat dan tahan gesekan.

Seiring berkembangnya zaman, manusia semakin fashionable. Pilihan kain yang beragam sengaja diperkaya untuk memenuhi permintaan akan kebutuhan sekunder, ya bukan lagi kebutuhan primer untuk menutup tubuh, namun lebih pada artistik, kenyamanan dan keunikan dari pakaian yang dipakai, salah satunya terbuat dari bahan sintetis pada kain.

Kedepannya gaya hidup (life style) akan semakin tumbuh terlebih pada anak muda yang doyan ikut trend, apapun itu kita harus bisa bijak untuk menentukan kain yang akan dibuat untuk jadi pakaian kita. Sesuaikan dengan budget dan selera.

Selanjutnya : Sejarah tentang Olahraga Lari
Sebelumnya: Sejenis Obat Gosok
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar