Sistem Demokrasi Negara Australia


Sistem demokrasi negara Australia adalah penerapan sistem demokrasi di negara yang menjadi bagian persemakmuran Inggris. Dengan keberadaan ini, sejatinya Australia menerapkan sistem pemerintahan monarki konstitusional dengan menerapkan pembagian kekuasaan federatif.

Sistem Demokrasi di Australia

Sistem demokrasi yang dipakai di negara Australia ini adalah sistem demokrasi liberal. Di dalam sistem pemerintahan, demokrasi direpresentasikan dengan keberadaan dari parlemen, parlemen ini dibagi menjadi Senat dan Dewan Perwakilan Rakyat.

Untuk melakukan pemilihan terhadap siapa saja yang ada di setiap bagian parlemen ini maka diadakanlah pemilihan umum setiap tiga tahun sekali. Pemilihan umum ini untuk memilih 76 senator dari enam negara bagian di mana masing-masing negara bagian mengirimkan 12 wakilnya dan dua territorial mengirimkan hanya dua wakil saja.

Untuk pemelihan anggota DPR ini adalah untuk memilih 150 anggota yang nantinya akan diproyeksikan sebagai wakil dari setiap negara bagian yang ada.

Semua warga negara Australia yang sudah mencapai usia 18 tahun memiliki kewajiban untuk ikut serta dan berpartisipasi di dalam pemlihan umum ini. sedangkan siapa saja yang tidak mau untuk memberikan suaranya atau istilah di Indonesia adalah Golongan Putih atau Golput maka ada regulasi di Australia yang mengatur hal ini.

Setiap perwakilan yang terpilih akan memiliki masa jabatan dan kekuasaan sekitar dua setengah tahun. Kemudian, perdana menteri akan menentukan masa pelaksanaan pemilihan umum berikutnya untuk memilih wakil yang baru.

Undang-undang yang ada di negara ini mengacu kepada kebaradaan negara ini sebagai negara federal. Jadi undang-undang ini mengetur bagaimana hubungan negara dengan negara bagian dan daerah teritorial serta hubungannya dengan negara federal.

Jika dilihat memang sistem pemerintahan dengan konsep demokrasi yang diterapkan di Australia lebih baik daripada apa yang ada di negara kita. Terdapat kemudahan perombakan sususan kabinet sesuai dengan keinginan dan kemauan rakyat atau berdasarkan kepentingan rakyat yang didahulukan.

Itulah konsep demokrasi yang ada di negara ini. namun, tetap saja, konsep utama dari sistem demokrasi negara australia hampirlah sama dengan konsep demokrasi yang dijalankan oleh semua negara pengemban demokrasi yang lain.

Selanjutnya : Kumpulan Lagu Mandarin di Internet dan Cara Mengunduhnya
Sebelumnya: Nama Sayang untuk Pacar dari Berbagai Bahasa
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar