Indonesia di Tengah Globalisasi


Sistem Ekonomi Indonesia di Era Globalisasi

Sistem ekonomi Indonesia di era globalisasi layak untuk didiskusikan setiap waktu. Globalisasi merupakan keterbukaan hubungan sosial dan saling ketergantungan antar negara atau manusia semakin tidak mempunyai batasan.

Globalisasi adalah proses menyebarnya unsur baru seperti informasi yang kemudian mendunia baik itu melalui media cetak atau elektronik.

Semua sistem mempunyai dampak positif dan negatif. Positif dari globalisasi adalah mempermudah seseorang untuk mendapatkan informasi sedangkan dampak negatifnya adalah kelunturan budaya seperti yang dialami Indonesia.

Sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia adalah sistem ekonomi pancasila dimana dasar dari ekonomi ini adalah pancasila dan undang-undang dasar 1945. Pengaturan ekonomi ini bisa dilhat di pasal 33 ayat 1 sampai empat UUD 1945 yang sudah di amandemen.

Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa demokrasi ekonomi nasional merupakan prinsip dari ekonomi Indonesia. Hal ini juga yang menjadikan ekonomi Indonesia berbeda dengan negara lain.

Ekonomi pancasila yang dianut Indonesia membuat pelaku utama ekonomi masih ada campur tangan pemerintah terutama yang berhubungan dengan kepentingan bangsa.

Pelaku ekonomi Indonesia antara lain Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang terbagi kedalam beberapa bagian yaitu perjan yang mengatur seperti Perusahaan Jawatan Kereta Api atau PJKA atau kini dikenal dengan PT KAI.

Bagian BUMN adalah persero yang biasanya berhubungan dengan pelayanan publik. Dengan sistem ekonomi pancasila tetap terguncang mengikuti perkembangan ekonomi dunia, bahkan ekonomi Indonesia terpengaruhi oleh globalisasi yang melanda dunia.

Indonesia yang sebagian ekonominya adalah UMKM mempunyai kesulitan untuk menembus pasar dunia karena para pengusaha mempunyai keterbatasan produksi dan modal.

Persaingan dagang di dunia membuat Indonesia harus memliki pemikiran kreatif agar mampu bersaing dengan produk negara lain.

Dampak positif dari globalisasi terhadap ekonomi Indonesia adalah akses informasi untuk memperoleh bidikan konsumen di luar Indonesia hal ini bisa ditunjukan Indonesia melalui produk kerajinannya.

Dampak negatif dari globalisasi adalah ketika Indonesia tidak mampu bersaing menghadapi pasar ekonomi dunia maka Indonesia kelak akan menjadi negara yang bergantung dengan negara lain baik dari segi pangan maupun sandang.

Penanaman modal asing di Indonesai juga harus dikontrol oleh pemerintah, karena bisa berdampak negatif dan positif. Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam.

Akan tetapi jika kita tidak menggunakan sistem ekonomi Indonesia di era globalisasi dengan bijak, maka kita akan menjadi negara miskin.

Selanjutnya : Vokal Alto
Sebelumnya: Mencari Pasangan Taaruf Sesuai Syariat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar