Sistem Ekonomi yang Sekarang Digunakan di Indonesia


Di dunia ini adalah tiga jenis sistem ekonomi yang diterapkan oleh negara tertentu. Ketiga sistem ini adalah sistem ekonomi kapitalis,sistem ekonomi sosialis dan sistem ekonomi canpuran yaitu merupakan campuran dari dua jenis sistem ekonomi sebelumnya. Lalu, apakah sistem ekonomi yang sekarang digunakan di Indonesia?

Sistem Ekonomi di Indonesia

Sistem ekonomi kapitalis adalah sistem ekonomi yang mengutamakan paham kebebasan dari individu untuk melakukan keinganan dan keahlian dirinya. Di dalam sistem ini, negara memiliki peran yang amat sedikit bahkan boleh dikatakan tidak memiliki peran dalam melakukan pengaturan. Karen afaktor produksi dapat dikuasi oleh pihak swasta ataupun asing.

Sedangkan yang dimaksud dengan sistem ekonomi sosialis adalah sistem ekonomi yang diperlakukan secara terpusat oleh negara. jadi negaralah yang melakukan tugas utama dari segala kegiatan ekonomi ini.

Dari dua sistem ekonomi yang telah dijelaskan di atas maka secara konsep dan teori negara kita, lebih tepatnya para penguasa, tidak mau untuk dikatakan menggunakan dua sistem ekonomi yang ada tersebut. Mereka lebih memilih bahwa sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia adalah sistem ekonomi Pancasila yaitu sistem ekonomi yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945 lebih tepatnya pasal 33.

Di dalam konsep sistem ekonomi Pancasila ini ada beberapa konsep yang dipakai. Konsep ini pada intinya adalah untuk mengutamakan rakyat demi mencapai kesejahteraan mereka. Segala sumber daya alam dan kekayaan alam yang ada akan dikelola semaksimal mungkin untuk kemudian dikembalikan ke masyarakat demi mencapai kesejateraan ini.

Lalu, apakah konsep ini benar-benar dijalankan? Ternyata tidak. Konsep ini hanya menjaid sebatas teori yang ada di dalam buku sedangkan apa yang diterapkan di dalam sistem ekonomi Indonesia sesungguhnya adalah sistem ekonomi kapitalis liberal.

Bagaimana tidak? Sumber daya alam yang seharusnya dikelola oleh negara untuk kemudian dipakai mensejahterakan rakyat ternyata malah diberikan hak pengelolaannya kepada asing. Dan Indonesia tidak mendapatkan bagian yang bernilai. Keuntungan terbesar diberikan kepada perusahan itu sendiri dan pemerintah sendiri disuap untuk mau melakukan hal ini.

Inilah bagaimana penerapan realistis dari sistem ekonomi yang sekarang digunakan di Indonesia yaitu sistem ekonomi yang tak berpihak kepada rakyat.

Selanjutnya : Nama Penyakit dan Bahasa Medisnya di Indonesia
Sebelumnya: Nama-nama Latin untuk Bayi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar