Empat Sistem Kasta yang Ada di India

Sesuai dengan agama kepercayaan, ada budaya yang berlaku, ada empat sistem kasta yang ada di India yang menjadikan sebagian warganya lebih suka bersikap tertutup pada orang lain, terutama yang berasal dari kasta berbeda. Apalagi jika kastanya lebih rendah dari kasta mereka sendiri.

Kasta Brahmana dan Kasta Ksatriya

Tingkatan pertama atau yang tertinggi dalam kasta di India adalah Brahmana, adalah golongan masyarakat yang merupakan kaum bangsawan dan pendeta atau pemuka agama. Bagi seorang pendeta dan agamawan, harus menjalani empat proses kenaikan tingkat yang sifatnya wajib atau harus dijalankan.

Tingkat pertama dinamakan Brahmatsarja, berlaku bagi anak brahmana yang akan diangkat jadi seorang brahmana baru. Tingkatan ini dilangsungkan melalui suatu upacara khusus yang sudah dikasih munja atau benang suci.

Tingkatan kedua adalah Grahasta. Pada tingkatan ini seorang anak brahmana yang telah menamatkan masa pendidikannya akan kembali pada orangtuanya lalu dinikahkan dengan seorang wanita. Setelah itu dia menjalani pola hidup grahasta.

Tingkatan ketika dinamakan Vanaprasta. Seorang brahmana akan pergi dari rumah dan anak serta istrinya dan menjalani kehidupan sebagai penggembara. Tujuannya agar mendapatkan ilmu tentang kehidupan.

Tingkat terakhir yaitu Sansaya. Seorang brahmana tidak mau memperdulikan lagi segala hal yang bersifat duniawi. Semua jenis kesenangan harus ditinggalkan. Sedangkan kasta Ksatriya, memiliki beberapa atauran yang sifatnya mengikat. Misalnya seorang raja dilarang menarik bayaran pajak yang dipandang dapat menyengsarakan rakyatnya sendiri. Selain raja tersebut harus mampu memberi perlindungan dan keamanan kepada negara.

Tugas lainnya, kasta Ksatriya harus bisa menjaga para kasta Brahmana meski mempunyai banyak kekurangan. Raja tersebut juga diwajibkan mengangkat beberapa kaum Brahmana dan dijadikan sebagai penasihatnya.

Kasta Waisya dan Kasta Sudra

Sementara itu yang dimaksud dengan kasta Waisya adalah golongan masyarakat yang mempunyai tugas serta kewajiban untuk memakmurkan negaranya. Beberapa tugasnya antara lain adalah menciptakan sistem kehidupan yang baik terutama di bidang perdagangan, pertanian dan peternakan.

Kasta terakhir dinamakan kasta Sudra, yaitu golongan masyarakat yang memiliki tingkat sosial paling rendah di masyarakat. Mereka kebanyakan punya profesi sebagai buruh, tenaga kasar atau kuli dan sebagainya.

Selain itu golongan kasta Sudra juga tidak boleh mempelajari dan mendalami ilmu agama yang tercantum dalam kitab Veda. Mereka juga dilarang pindah pekerjaan atau alih profesi dan harus selalu mengikuti profesi yang sebelumnya telah ditekuni oleh keluarga atau orangtuanya.

Selain empat kasta yang telah disebutkan di atas, masih terdapat dua kasta lagi yang tidak punya alur hubungan dengan kasta-kasta tersebut. Yang pertama sering disebut sebagai golongan Paria, yaitu orang yang memiliki tugas memberi pelayanan bagi kaum Brahmana dan kasta Ksatriya.

Yang kedua adalah golongan Candala, yaitu kaum yang lahir dari perkawinan campuran dengan warga asing atau orang-orang yang memiliki kasta berbeda. Misalnya ada kaum Ksatriya yang menikah dengan kaum dari kasta Waisya, maka keturunannya akan dimasukan dalam golongan Candala ini. Jadi tidak bisa dimasukan ke dalam sistem kasta yang ada di India tersebut.

Loading...
Selanjutnya : Cara Pembayaran Tiket Garuda Online Payment
Sebelumnya: Mengenal Dan Mengeksplorasi Tumbuhan Annua
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar