Belajar Mengendarai Sistem Kopling Motor

Sistem kopling motor seringkali membuat bingung bagi pengendaranya, apalagi bagi pemula. Bagaimana tidak bingung bila saat hendak  mengendarai motor mendadak koplingnya  mati. Atau kalau tidak yakin saking semangatnya motor malah terbang. Kejadian inilah yang sering dialami oleh mereka  yang baru  belajar mengendarai motor kopling. Motor kopling atau   motor manual demikian orang menyebutnya memang sering bermasalah dengan sistem koplingnya.

Lalu bagaimana caranya mengendarai motor kopling agar  mati? Untuk  mengendarai motor kopling pada awalnya memang gampang-gampang susah. Namun kalau kita sudah dapat feeling-nya maka semua akan baik-baik saja. Jadi feeling atau perasaan ini penting pada saat kita memutar gas dikanan dan melepaskan  kopling di tangan kiri. Jadi disinilah poinnya. Harus ada rasa di antara kopling dan gas. Berikut cara lebih detilnya untuk Anda yang hendak belajar mengendarai motor kopling.

Loading...

Pertama, belajarlah untuk merasakan putaran gas pada motor yang sedang Anda kendarai. Dapatkan feelnya seakan Anda dan motor itu adalah satu jiwa atau sehati. Kedua, kemudian tekan lalu lepaskan koplingnya dengan perlahan jaga jangan pindahkan dulu giginya. Rasakan dengan menggunakan feeling saat melepas kopling di tangan kiri Anda. Saat Anda  sudah mulai bisa merasakannya, bersiaplah menuju ke cara berikutnya.

Ketiga, cara menarik gas dan melepas kopling dengan cara perlahan tapi pasti. Setelah itu   masukkan ke gigi satu. Caranya yaitu  menekan tuas transmisi di bagian kaki kiri ke depan masih dengan posisi kopling ditekan. Setelah itu lepaskan koplingnya secara perlahan. Jangan lupa sembari menarik gas secara perlahan pula. Jika Anda tidak menarik gas, maka kemungkinan besar motornya akan mati.

Ingat. Lepaskanlah kopling secara perlahan tapi pasti. Janganlah melepaskan kopling dengan cepat atau mendadak. Sebab motor Anda bisa mendadak mati atau  ‘terbang’  karenanya. Pakailah  feeling Anda. Cobalah untuk menyatu dengan mesin,  kopling  dan gas.  Saat  merasa kalau motor hendak mati, tekan kopling dan jangan panik. Sebaiknya belajar mengendarai motor kopling didampingi oleh teman atau kerabat yang sudah biasa mengendarai motor kopling. Sistem kopling motor memang butuh konsentrasi penuh dan latihan. Selamat berlatih.

Loading...
Selanjutnya : Waspadai, Gangguan Sistem Ginjal Pada Manusia!
Sebelumnya: Zoroaster, Sistem Kepercayaan Bangsa Persia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar