Sistem Pemerintahan Indonesia pada Saat Ini


Sistem pemerintahan indonesia pada saat ini adalah sistem predisensial. Sistem ini menekankan bahwa kekuasaan pemerintahan yang tertinggi berada di tangan presiden. Pada dasarnya tidak ada perubahan yang terjadi antara orde baru dengan sistem pemerintahan saat ini. 

Sistem pemerintahan yang digunakan pada orde baru juga menggunakan sistem pemerintahan presidensial dalam prakteknya. Namun setelah paska reformasi yang bergejolak dengan diturunkannya Presiden RI ke 2 pada tahun 1998 telah terjadi perubahan dalam tubuh pemerintah.

Jika di tahun-tahun tersebut kita sering mendengar bahwa kekuasaan tertinggi berada di tangan rakyat maka sekarang hal tersebut tidak lagi berlaku. Bagaimana bisa? MPR yang merupakan lembaga tertinggi sebagai representatif dari rakyat bukan lagi sebagai pemimpin tertinggi dalam pemerintahan.

MPR sekarang bukan lagi sebagai lembaga dengan kekuasaan tertinggi karena setelah masa reformasi hal tersebut sudah dihapuskan. Badan legislatif telah ditetapkan sebagai badan bi-kameral yang memiliki kekuasaan lebih tinggi dibanding sebelumnya.

Perubahan lainnya yang terjadi pada tubuh pemerintahan ini setelah reformasi masih banyak lagi. Diantara perubahan tersebut adalah anggota MPR berasal dari anggota DPR dan DPD. Pemilihan presiden yang sebelumnya tidak dipilih secara langsung menjadi dipilih secara langsung.

Setelah reformasi berhasil menggulingkan pemerintahan yang dirasakan diktaktor maka sistem pemilihan presiden tidak lagi melalui kendaraan partai. Kita tidak melihat kertas suara bergambarkan partai melainkan bergambarkan calon presiden secara langsung.

Pemilihan yang seperti ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat agar bisa memilih siapa yang cocok sebagai presiden secara langsung. Rakyat sekarang lebih senang karena bisa memilih siapa figur yang cocok sebagai presiden dan bukan siapa partainya.

Namun pandangan dari siapa partainya terkadang masih terlihat kuat mengikuti calon peserta pemilihan. Perubahan yang lainnya dalam tubuh pemerintahan adalah kekuasaan presiden yang sebelumnya mampu membubarkan DPR ditiadakan.

Jadi sekarang ini Presiden tidak lagi mampu membubarkan badan legislatif yang satu ini. Dari sini juga terlihat bahwa peran dari badan legislatif terlihat lebih dominan dibandingkan pada masa orde baru.

Demikianlah sistem pemerintahan indonesia pada saat ini diharapkan mampu membawa angin segar bagi terciptanya kemakmuran rakyat Indonesia.

Selanjutnya : Kehancuran Sistem Ekonomi di Amerika Serikat
Sebelumnya: Terjemah Lagu Baby Justin Bieber Dalam Bahasa Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar