Sistem Pemerintahan Kerajaan Demak


Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam pertama yang ada di pulau Jawa. Keberadaan dari kerajaan demak ini adalah sebagai pengaruhdari penyebaran Islam yang dilakukan di Madinah keluar dari Madinah dan dijalankan oleh para pendakwah dari sana. dengan ini, tentunya sistem pemerintahan kerajaan Demak amatlah dipengaruhi oleh hukum Islam.

Kerajaan Demak

Sistem pemerintahan yang diterapkan di kerajaan Demak adalah sistem pemerintahan teokrasi. Sistem pemerintahan adalah sistem pemerintahan kerajaan di mana kedudukan tertinggi dan juga pemegang kekuasaan negara berada di tangan raja. Hanya saja, di dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, raja dari kerajaan Demak ini mdidasarkan pada hukum dan aturan yang ada di dalam ajaran agama Islam.

Kekuasaan raja yang menggunakan sistem Islam ini mungkin dirasakan masih belum sempurna dengan penerapan Islam secara sempurna dan total. Hal ini memang asalah hal yang sangat wajar karena memang kerajaan Demak masih di dalam proses penyerapan ajaran agama Islam secara menyeluruh.

Sisi positif dari penerapan pemerintahan Demak yang dipengaruhi oleh ajaran Islam adalah kemampuan Demak untuk berkembang menjadi kota dagang yang diperhitungkan. Selain itu, juga menjadi pusat dari aktivitas penyebaran agama Islam di Pulau Jawa.

Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Patah yang selama ia memangku jabatan Raja mendapatkan gelar Sultan Alam Akbar Al fatah. Dan sejak masa pemerintahan raden Patah inilah Demak mulai dijadikan sebagai pusat aktivitas penyebaran ajaran agama Islam di pulau Jawa. Dan selain itu, Demak juga mampu untuk menjadi pelabuhan dagang yang strategis bahkan mampu untuk mengganti posisi dari Malaka pada saat itu.

Setelah Raden Patah wafat, tampuk kepemimpinan Kerajaan diteruskan oleh pangeran Sabrang Lor yang merupakan Adipati yaitu Adipati Unus. Setelahnya diteruskan oleh SultanTrenggono dan sampailah pada masa perebutan kekuasaan sepeninggal Sultan Trenggono ini.

Dengan adanya pengaruh dari ajaran Islam maka memberikan pengaruh pula terhadap sistem pemerintahan kerajaan Demak di mana memang keberadaan dari ajaran Islam dijadikan sebagai acuan atau dasar di dalam menjalankan sistem pemerintahan ini.

Selanjutnya : Nama Indah Bayi Laki-laki Islam
Sebelumnya: Membuat Penangkap Sinyal Wifi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar