Sistem Pencernaan Beserta Enzim dan Fungsinya


Terdapat beberapa sistem yang ada di dalam tubuh manusia. Salah satunya yang memegang peranan penting adalah sistem pencernaan. Di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai definisi sistem pencernaan beserta enzim dan fungsinya.

Sistem pencernaan adalah sebuah tata atau pola dalam mencerna atau mengolah makanan yang dimakan oleh manusia. dengan pengelolaan ini maka makanan yang telah dicerna oleh manusia dapat diambil manfaatnya untuk menghasilkan energi guna melakukan segala aktivitas keseharian manusia.

Di dalam menjalankan sistem pencernaan ini, maka terdapat beberapa organ pencernaan tertentu yang memiliki tugas tertentu pula di dalam rangkaian proses pencernaan manusia. dan di dalam organ ini biasanya memperoduksi enzim yang juga berfungsi untuk membantu proses pencernaan itu sendiri.

Enzim

Enzim adalah zat kimia yang diproduksi oleh organ tertentu dengan memiliki fungsi dan tujuan khusus. Berikut ini adalah beberapa enzim yang diproduksi oleh organ di dalam sistem pencernaan manusia beserta dengan fungsinya.

1. Enzim ptialin. Enzim ini diprodksi di dalam mulut. Enzim inilah yang mudah kita kenal sebagai ludah. Ludah diproduksi oleh kelenjar ludah atau yang disebut dengan saliva.

Fungsi dari enzim ptialin ini adalah untuk mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Keberadaan enzim inilah yang kemudian membuat berbagai jenis karbohidrat yang kita makan seperti roti, gandum ataupun nasi ketika berada di mulut dan terkena ludah kita seakan memiliki rasa yang manis.

2. Enzim yang dikeluarkan di dalam lambung yaitu oleh kelenjar lambung terdiri dari dua jenis yaitu enzim renin yang mengubah kaseinogen menjadi kasein dan juga enzim pepsin yang mengubah protein menjadi pepton.

Selain dua organ dalam sistem pencernaan manusia di atas, masih ada organ yang lain yang juag turut untuk menghasilkan enzim pencernaan sebut saja pankreas yang mengeluarkan enzim pankreas, tripsin dan lipase.

Inilah beberapa pengertian mengenai sistem pencernaan eserta enzim dan fungsinya yang ada di dalam tubuh manusia. seluruh organ dan enzim ini menjalankan peran dan tugs mereka di dalam sistem pencernaan manusia.

Selanjutnya : Kata Bijak Bagi Orang Yang Tersakiti dari Mario Teguh
Sebelumnya: Mari Kirim Naskah ke Penerbit Bentang Pustaka
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar