Fungsi Sistem Pencernaan pada Manusia dan Enzim


Manusia memiliki sistem pencernaan yang kompleks. Kita mengenal ada dua proses pencernaan; proses pencernaan secara kimiawi dan proses pencernaan secara mekanis.

Pada kedua proses ini, sistem pencernaan pada manusia dan enzim memegang peranan penting. Ketika kita mengunyah makanan, maka terjadilah proses pencernaan mekanis. Sedangkan saat di lambung dan usus, proses kimiawi sekaligus mekanis berlangsung.

Enzim-enzim di dalam mulut bersama dengan gerakan mekanis gigi menjalankan fungsinya dalam proses pencernaan kimiawi. Sebab itulah, saat mengunyah makanan, kita tidak boleh terburu-buru.

Mengunyahnya juga harus telaten. Makanan harus lembut, sebab enzim dalam ludah juga membantu pencernaan makanan. Sehingga proses pencernaan makanan berlangsung dengan cara sempurna.

Saat makanan berada di dalam mulut, proses mekanis pencernaan berlangsung. Enzim yang ada di dalam mulut, bertugas mengubah zat amilum. Zat ini kemudian diproses dan diubah menjadi zat maltosa.

Saat makanan masuk ke dalam kerongkongan, gerakan peristaltik yang ada di dalamnya, mendorong makanan hingga masuk ke dalam organ lambung.

Pada lambung, ada dua pencernaan yang terjadi, yaitu pencernaan kimiawi dan pencernaan mekanis. Lambung bergerak dengan cara meremas makanan hingga lumat.

Apabila makanan yang masuk lambung sulit dicerna, lambung akan bekerja dengan keras. Di sinilah fungsi pengunyahan makanan berperan penting. Apabila dikunyah dengan baik, minimal 28 kali kunyahan, maka makanan akan mudah untuk dicerna di dalam pencernaan.

Hal ini sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Dr. Hiromi Shinya dalam buku, The Miracle of Enzim. Ternyata, penemuannya mengenai fungsi-fungsi enzim, membuat banyak orang terperanjat dan mulai memperhatikan kebiasaan makan, dan pola hidupnya.

Mengkonsumsi makanan yang keras seperti daging ternyata tidak baik untuk fungsi pencernaan. Bahkan pada beberapa kasus, sebagaimana pengalaman Dr. Hiromi Sinya saat membedah usus orang-orang Amerika, terlihat bahwa usus tersebut meradang.

Beban usus dalam mencerna daging sangatlah berat. Apalagi, kebiasaan banyak orang yang tidak mengunyah makanan secara lembut. Belum lagi asupan minuman yang kurang, sehingga usus harus menghisap air dari dalam darah. Semakin lengkaplah penderitaan usus kita.

Sebab itulah, pola hidup sehat dan pola makan akan membuat fungsi sistem pencernaan pada manusia dan enzim menjadi lebih maksimal.

Selanjutnya : Mengetahui Ciri Pohon Jati yang Berisi dan Bagus
Sebelumnya: Menu Masakan Udang Praktis untuk Keluarga
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar