Spesifikasi dan Sistem Pengapian pada Motor Honda Astrea Star

Honda Star merupakan motor keluaran produk Honda yang menggunakan injeksi. Motor yang masih banyak digunakan dan dicari oleh pencari motor tahun 1980-an ini memang sudah banyak yang dimodifikasi. Akan tetapi spesifikasi dan sistem pengapian pada motor Honda Astrea Star ini menjadi salah satu cikal bakal sistem pengapian motor yang sekarang banyak beredar di pasaran.

Berikut ini sedikit ulasan tentang spesifikasi dan sistem pengapian pada motor Honda Astrea Star.

Loading...

Sistem Pengapian pada Motor

Pengapian pada motor berbahan bakar bensin ini dibagi menjadi tiga yaitu sistem yang menggunakan konvesional biasanya terdapat pada motor tua, sistem elektrik yang menggunakan CDI yang terbagi menjadi dua yaitu arus DC dan AC. Apa itu sistem pengapian pada motor? Sistem pengapian pada motor merupakan hasil tegangan tinggi pada koil pengapian yang kemudian disalurkan melalui busi hingga menimbulkan bunga api yang berfungsi untuk memantik pembakaran campuran antara bahan bakar motor dengan udara yang ada di dalam tangki pembakaran.

Sistem pengapian inilah yang menjadi alasan khusus kendaraan berbahan bakar minyak menyalakan kendaraan saat pengisian bahan bakar adanya sistem pengapian yang bisa memantik api pada saat pengisian BBM. Campuran bahan bakar sendiri terbagi menjadi tiga yaitu gemuk, sedang dan kurus. Berikut adalah urutan sistem pengapian pada sepeda motor, pertama baterai, generator, pemutus arus, kondensor, koil pengapian, busi, kunci kontak, timing sirkuit, unit CDI.

Spesifikasi Motor Honda Astrea Star

Honda Astrea Star dikenal setelah honda mengeluarkan beberapa produk yaitu Honda C50 tahun 1958, Super Cub C100 tahun 1967, Scambler 70 tahun 1970, Honda 90 tahun 1973, Win 100 tahun 1984, Honda Astrea 800 tahun 1985 dan Astera Star yang dikenalkan di pasaran tahun 1986. Usia motor ini sekarang sudah tua akan tetapi masih banyak yang memburu motor buatan Jepang ini karena mesin yang masih bagus dan juga body motor yang kecil ramping sangat cocok untuk berkendara di kota.

Sebelum membeli motor tua ini sebaiknya melihat spesifikasi motor Honda Astrea Star. Berikut spesifikasinya; mesinnya 4 tak dengan 1 silinder, SHOC dilengkapi pendingin udara, sedangkan bore x stroke 47.0 x 49.5 mm dengan volume silinder 85.8 CC, rasio kompresinya 9.4 banding 1, susunan silindernya satu mendatar, transmisi giginya 4 percepetan N-1-2-3-4-N, karburator keihin 16mm x 1. Spesifikasi kelistrikannya baterai 12V4AH, busi C7HSA/ U22 FS-U, Sistem pengapian CDI AC tanpa platina, sistem stater kick dan elektrik.

Itu adalah spesifikasi dan sistem pengapian pada motor Honda Astrea Star. Semoga bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Puitis adalah Bagian Penting Puisi
Sebelumnya: 3 Makanan yang Dilarang untuk Diet Golongan Darah O
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar