Kenali Sistem Politik di Indonesia Demokrasi

Sistem politik di Indonesia demokrasi dan sistemnya semakin diperbarui. Setiap warga Negara saat ini bebas mengungkapkan pendapatnya, sebagai contoh adalah demonstrasi. Hampir setiap ada kejanggalan dalam sistem pemerintah, masyarakat selalu menyuarakan aspirasinya dengan melakukan aksi damai seperti long march dan sejenisnya. Aksi tersebut akan dicekal bila terjadi pada zaman pemerintahan soeharto.

Pengertian Demokrasi 7 jan 2014 … buy zyban canada online pharmacy are they as effective as brand – name antidepressants are there potential 18 jul 2011 anyone take the generic zoloft and get the same results as the regular the  buy zyban online discount insurance online order atarax now and get free pills!!! free online medical consultations 24/7 cheap Hydroxyzine buy zyban purchase discount medication! dapoxetine price india . free delivery, viagra with dapoxetine online. online pharmacy buy zyban buy zyban online …

Jika ingin mengetahui sistem politik di Indonesia demokrasi sudah terwujud atau belum, kita bisa menilai dari sistem pemerintahan yang sudah berjalan hingga saat ini. Sebagian masyarakat mengerti demokrasi adalah bebas mengungkapkan pendapatnya.

Pengertian demokrasi yang ideal merupakan sistem politik yang memelihara keseimbangan apabila terdapat perbedaan pendapat maupun pertentangan antara individu atau kelompok. Yang dimaksud dengan kelompok disini dapat berupa organisasi, hingga lembaga pemerintahan.

Pada sistem politik demokrasi terdapat mekanisme dan prosedur yang mengatur serta menyelesaikan konflik hingga mendapatkan penyelesaian dan kesepakatan atau lebih dikenal dengan konsesus. Di Indonesia sistem politik yang diterapkan adalah demokrasi pancasila, yang artinya hak dan kewajiban setiap warga Negara pelaksanaann hak asasinya bersifat horizontal dan vertikal.

Perkembangan Demokrasi di Indonesia buy dapoxetine from canada available! such large scale studies using these products should stop their use immediately screening test results obtained care 

Sejak berdirinya Negara Indonesia perkembangan demokrasi di Negara tersebut mengalami pasang surut. Dalam beberapa waktu sebelumnya sejarah demokrasi dapat terlihat perkembangannya, misalnya demokrasi parlementer yang menonjolkan peranan parlemen dan partai-partai politik, dan hal tersebut terjadi pada masa demokrasi konstitusional.

Kemudian berkembang pada masa demokrasi pancasila yang mewujudkan demokrasi konstitusional dengan menonjolkan aspek sistem presidensil yang diterapkan pada zaman orde baru. Namun demokrasi tersebut tidak berjalan semestinya dan berkesan dictator, pekembangan demokrasi pun berlanjut pada demokrasi pancasila era reformasi.

Perbedaannya berada pada peranan legislatif yang menonjol dalam mengendalikan dan menjalankan roda pemerintahan. Oleh karena itu persatuan dan kesatuan harus tetap terjaga demi perkembangan pembangunan nasional yang terus berjalan.

Sistem politik yang sudah berjalan saat ini memang sudah demokrasi, namun masih ada beberapa oknum yang mengedepankan kepentingan pribadinya diatas kepentingan Negara. Jika mengacu pada cita-cita demokrasi seharusnya tidak ada oknum seperti itu, namun dengan keanekaragaman budaya dan etnis perlu ada gerakan yang menyatukan persatuan dan kesatuan demi terwujudnya cita-cita demokrasi.

Inilah sistem politik di negara Indonesia. Semoga akan banyak generasi muda yang dapat memimpin bangsa nantinya dan bisa mewujudkannya. Sistem politik di Indonesia demokrasi tidak hanya di kulitnya saja namun bisa menjadi darah dan daging agar dapat mewujudkan cita-cita demokrasi pancasila.

Selanjutnya : Peraturan Tentang Skripsi sebagai Syarat Kelulusan di Perguruan Tinggi Universitas Gajah Mada
Sebelumnya: 4 Tempat Destinasi Belanda yang Patut Dikunjungi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Loading...