Sistem Reproduksi Hewan Bertulang Belakang


Sistem reproduksi hewan bertulang belakang dimulai dari adanya proses perkawinan antara hewan jantan dengan hewan betina. Inilah yang kemudian dikenal dengan sebutan fertilisasi di mana fertilisasi ini adalah proses yang menghasilkan zigot atau calon individu baru. Zigot kemudian akan melakukan proses perkembangan menjadi embrio.

Sistem Reproduksi Hewan

Proses pembuahan dari hewan bertulang belakang ini terjadi dengan dua cara yaitu pembuahan eksternal dan pembuahan internal. Pembuahan eksternal terjadi jika proses pembuahan ini mempertemukan sperma dan ovum di luar tubuh dari hewan betina. Hewan vertebrata yang melakukan proses ini adalah soesies ikan dan amphibi.

Sedangkan pembuahan internal terjadi jika pertemuan dari sperma dan ovum terjadi di dalam tubuh dari hewan betina.  Proses ini disebut dengan kopulasi yaitu peristiwa dimana masuknya alat kelamin jantan ke dalam tubuh si betina. Jenis hewan yang mengalami pembuahan di dalam ini adalah mamalia, reptil dan burung.

Mamalia melakukan reproduksi dengan tiga cara yaitu bertelur atau ovipar, beranak atau vivipar dan bertelur beranak atau ovovivipar. Telur dihasilkan oleh hewan betina dan kemudian dierami untuk dapat menetas menjadi anak dan dapat berkembang menjadi individu baru. Hewan yang berkembang biak dengan cara ini adalah dari jenis burung, dan reptil.

Sedangkan beranak adalah di dalam rahim betina akan berkembang embrio dan kemudian dikeluarkan dengan cara dilahirkan dari dalam rahim. Mamalia yang termasuk ke dalam golongan hewan menyusui termasuk ke dalam golongan hewan yang melahirkan anaknya.

Sedangkan jenis yang kedua adalah bertelur dan beranak. Di dalam tubuh betina akan terdapat telur yang di dalamnya terdapat embrio. Embrio akan mengalami proses perkembangan sampai mencapai masa cukup untuk menetas.

Akhirnya penetasan terjadi di dalam rahim betina dan anak tersebut akan dikeluarkan pula dari vagina si induk betinanya. Hewan yang bereproduksi dengan cara ini adalah ikan hiu dan kadal.

Inilah bagaimana penjelasan mengenai sistem reproduksi hewan yang beraneka jenis. Dari sini kita dapat melihat keagungan Tuhan Yang Maha Esa dalam mengatur keberlangsungan dari spesies hewan di muka bumi.

Selanjutnya : Untaian Kata Malam Minggu untuk Sahabat yang Sedang Putus Cinta
Sebelumnya: Kumpulan Kata Bijak Alkitab Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar