Mengetahui Sistem Suspensi Sepeda Motor


Sistem suspensi sepeda motor menjadi bagian paling penting dalam kendaraan bermotor satu ini. Mengapa demikian? Sebab sistem suspensi tersebut dapat memengaruhi tampilan mesin dari sepeda motor.

Biasanya para pembalap membutuhkan suspensi motor yang bagus agar laju motornya pun baik. Karenanya, tidak ada salahnya para mekanis motor menambah wawasan maupun ilmunya mengenai suspensi motor ini.

Bagaimana dengan Anda? Meski bukan berprofesi sebagai mekanis motor, tapi ulasan ini penting untuk diketahui terlebih lagi pengendara motor.

Sistem Suspensi

Sistem suspensi dari berbagai merek sepeda motor telah menunjukkan bahwa mereka mampu mencetak para pembalap handal. Tentu saja dengan suspensi sepeda motor yang lembut akan memberikan pengaruh pada tampilan mesinnya.

Biasanya dari tim mekanis motor para pembalap mempunyai harapan berkaitan dengan suspensi motor pembalapnya agar bisa menopang beban ketika dikendarai dengan kecepatan tertentu.

Hal itu membuktikan bahwa ketepatan suspensi sepeda motor akan memudahkan pembalap menaklukkan tikungan tajamnya.

Adapun pengertian dari sistem suspensi ini yaitu sebuah komponen sepeda motor dengan fungsinya sebagai penopang beban kendaraan agar getaran dapat diredam dengan lembut.

Jika sistem suspensinya baik serta tepat, maka para pengendara kendaraan akan merasakan kenyamanan serta keselamatannya pun juga terjaga.

Adanya suspensi ini membantu para pembalap handal dalam melakukan beragam manuvernya tapi motor yang dikendarainya tetap seimbang.

Manuver yang dimaksudkan misalnya saja mengendarai motor ketika berada di belokan menggunakan kecepatan tinggi. Manuver seperti itu dibutuhkan para pembalap terlebih saat belokan. Tujuannya jelas berkaitan dengan kemenangan saat perlombaan tersebut dilakukan di medan balapan.

Model dan Tipe Sistem Suspensi

Model pada suspensi sepeda motor terdiri dari suspensi pada bagian belakang serta depan. Suspensi bagian depan meliputi suspensi garpu batang bawah (misal sepeda motor vespa) serta suspensi garpu teleskopik (misalnya beragam jenis sepeda motor selain vespa tentunya).

Lalu, berada di bagian mana sistem suspensi ini? Sistem suspensi berada di antara kerangka dan roda.

Hal ini berkaitan juga dengan tipe suspensinya yang meliputi tipe suspensi dependen (poros kaku) dan sistem suspensi independen (bebas). Itulah ulasan mengenai sistem suspensi sepeda motor. Semoga memberikan tambahan wawasan bagi kita.

Selanjutnya : Mencari Inspirasi dari Kumpulan Cerpen Tahun 1997
Sebelumnya: Prakiraan Iklim Indonesia
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar