Sistematika Penulisan Laporan, Makalah, Karya Tulis Ilmiah


Sistematika penulisan laporan, makalah, karya tulis ilmiah ini sudah mengikuti standar penulisan baku yang diberlakukan dikalangan akademik.  Penulisannya pun harus disertai berbagai macam teori pendukung yang membenarkan maupun menyanggah hasil atau pendapat yang kita kemukakan.

Syarat Tulisan Ilmiah

Setiap karya ilmiah harus dibuat dengan memenuhi beberapa persyaratan penting sehingga dapat dikatakan sebagai tulisan ilmiah. Sebuah tulisan dapat dikatakan ilmiah jika memiliki beberapa hal berikut ini.

  1. Ada teori pendukung. Menulis sebuah makalah atau karya tulis yang paling utama adalah adanya sumber teori yang mendukung tema atau topik dari tulisan yang akan kita tulis. Sumbernya bisa bermacam-macam antara lain: dari buku panduan, jurnal hasil penelitian, dan lainnya yang telah diakui secara akademik.
  2. Beradasarkan penelitian atau pengamatan. Sebuah tulisan yang membahas sebuah topik haruslah memiliki data-data yang akurat, baik di lapangan maupun hanya sebatas observasi atau pengamatan saja. Hal ini sangat diperlukan untuk menguraikan dan membahas pendapat kita tentang topik tersebut.
  3. Dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Membahas sebuah permasalahan harus tetap mengedepankan rasionalitas dan fakta yang ada tanpa melebih-lebihkan sesuatu hal. Hasil atau pendapat yang kita tuliskan harus dapat kita pertanggungjawabkan kepada pembaca sebagai tulisan yang bermuatan ilmiah dan bukan mengada-ada.
  4. Ada manfaat dari tulisan tersebut. Dari setiap karya tulis yang kita buat, haruslah memiliki manfaat, setidaknya untuk meningkatkan pengetahuan dan mendukung hasil penelitian sebelumnya.

Sistematika Penulisan yang Baku

Penulisan karya tulis ini mengikuti bentuk sistematika penulisan laporan, makalah, karya tulis ilmiah penulisan yang sudah baku ditetapkan seperti:

  • Bagian pertama yang disebut bab pertama, terdiri dari beberapa sub bab seperti latar belakang diambilnya topik ini dan tujuan dari penelitian dan pengamatan tentang topik ini.
  • Bagian kedua yang disebut bab kedua yang terdiri dari dasar teori yang mendukung topik yang dibahas tersebut, kemudian pembahasan mengenai hasil penelitian dan pengamatan tersebut yang dikaitkan juga dengan dasar teori yang ada.
  • Bagian ketiga, yang mencakup kesimpulan akhir yang bisa diambil dari penelitian tersebut beserta saran  yang diperlukan.
  • Bagian akhir adalah urutan dari sumber teori yang kita gunakan yaitu daftar pustaka.

Nah semoga sistematika penulisan laporan, makalah, karya tulis ilmiah ini dapat membantu Anda di dalam membuat sebuah tulisan yang ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah pula. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya : Sekilas Cara Kerja Kopling Motor Thunder
Sebelumnya: Bentuk Kalimat Menyedihkan Bahasa Inggris
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar