Sistematika Tesis


Bagi mahasiswa strata 2 pasti tahu Sistematika tesis yang benar.   Tesis merupakan tugas akhir bagi mahsiswa yang menempuh pendidikan setrata 2 guna mendapatkan gelar magister.

Tentang Tesis

Tesis disusun pada semester akhir, ketika mahasiswa sudah menyelesaikan semua matakuliah teori. Sebelum menyusun tesis, mahasiswa harus mengajukan proposal dulu kepada dosen pembimbing. Setelah proposal disetujui baru mahasiswa mulai menyusun bab demi bab, sesuai sistematika tesis.

Setiap bab dalam Tesis masing-masing isinya berbeda-beda. Bab pertama adalah pendahuluan, latar belakang masalah sedangkan bab kedua adalah landasan teori dan cara pengelompokan masalah, sedangkan bab ketiga atau terakhir adalah metodologi pemikiran.

Sistematika Tesis

Tesis merupakan laporan ilmiah yang terdiri dari enam bagian, yang saling berurutan.  Berikut ini merupakan gambaran ringkas tentang kerangka tesisi yang benar.

•    Judul

Judul merupakan gambaran dari tema yang diteliti pada tesis. Penulisan judul yang baik, harus ada sedikit memberikan gambaran tentang tema yang dianalisa.

•    Bab I

Bab pertama isinya adalah pendahuluan. Pada bab ini terdiri dari latar belakang masalah, ulasan-ulasan tentang penelitian sesuai dengan disiplin ilmu.

Pada sub bab juga wajib mencantumkan metode studi literatur. Kajian ini dipakai untuk bahan menyusun atau merancang skema masalah.  Di sini wajib dicantumkan sumber-sumber buku dan teori yang dipakai saat penelitian.

Sub bab lain juga dicantumkan rumusan-rumusan masalah dan tujuan penelitian. Kedua point ini wajib dicantumkan guna melangkapi isi pada bab I.

•    Bab II

Pada bab II isinya tentang metode penelitian, pencarian data, hipotesis dan kajian –kajian teori yang dipakai.
Masih di bab II terdapat beberapa sub bab  yang harus ditulis, seperti kajian pustaka, yang mecantumkan konsep teori dari berbagai sumber.

Sub bab lain setelah kajian pustaka adalah kerangka pemikiran, berisikan pemikiran dari penulis yang sesuai dengan analisa ilmiah. Kerangka pemikiran ini harus dapat diuji dengan hipotesa.
Sub bab terakhir adalah bagian hipotesis, merupakan jawaban dari  penelitian, jawaban ini sifatnya masih sementara sebelum ada uji teknis.

•    Bab III

Bab ini berisikan metodologi penelitian atau metode yang dipakai dalam meneliti sebuah masalah yang diangkat dalam tesis.  Misalnya prosedur pengambilan data, sumber perolehan data, dan sebagainya.  Proses pengolahan data mentah dan uji validasi data.

•    Daftar Pustaka

Daftar pustaka merupakan bab yang wajib ada pada semua karya ilmiah. Daftar pustaka berisikan sumbe-sumber buku yang menjadi sumber bahan studi literatur.  Daftar pustaka ini berfungsi menguatkan karya ilmiah.

•    Lampiran

Lampiran merupakan bagian lain dari tesis, skripsi dan karya ilmiah lain yang berisikan data-data, diagram dan gambar-gambar ilustrasi pendukung.

Sekian uraian sengikat tentang sistematika tesis. Semoga bermanfaat bagi Anda terutama yang sedang menempuh setudi S2

Selanjutnya : Prospek Peluang Kerja yang Gajinya Besar
Sebelumnya: Mencari Biaya Total Produksi
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar