Skema Lapangan Sepak Bola dan Ukurannya

Tentang Sepak Bola

Sepak bola adalah olahraga yang memiliki jumlah penggemar terbanyak di dunia karena mudah dimainkan dan tidak rumit ketika dimainkan. Sepak bola sendiri dinaungi oleh sebuah badan bernama FIFA. Skema lapangan sepak bola beserta ukurannya pun berskala internasional yang syaratnya ditentukan oleh FIFA.

Loading...

Sepak bola dimainkan pada lapangan rumput yang sangat luas. Dengan jumlah pemain pada setiap tim adalah 11 orang. Olahraga sepak bola ini dipimpin oleh satu orang wasit utama dan juga dua orang hakim garis.

Permainan dilakukan dalam dua babak dan setiap babaknya berjalan selama 45 menit. Selain itu, akan dilakukan tambahan waktu bila kedudukan akhir pertandingan seri. Waktu tambahan ini sendiri biasanya diberikan bila sistem pertandingan menggunakan sistem gugur. Waktu tambahan adalah 15 menit x 2 babak.

Namun, bila akhir waktu tambahan pun skore masih 0-0, akan diadakan tendangan penalti untuk mendapatkan nilai akhir. Tendangan ini dilakukan oleh lima orang pemain secara bergantian.

Selain masalah waktu masih banyak lagi ketentuan-ketentuan dalam pertandingan ini, antara lain mengenai pemberian hukuman terhadap pelanggaran-pelanggaran, wilayah permainan, offside, dan masih banyak lagi.

Skema Lapangan Sepak Bola dan Ukurannya

Skema Lapangan Sepak Bola dan Ukurannya

Di bawah ini akan dijelaskan mengenai ukuran lapangan sepak bola lebih detail lagi.
1.    Lapangan sepak bola yang menjadi ketentuan FIFA  memiliki bentuk persegi panjang serta memiliki ukuran panjang antara 90 – 120 meter serta lebar lapangan pada ukuran 45 – 90 meter.
2.    Garis lingkaran yang berada di tengah lapangan atau yang dikenal dengan garis Kick Off memiliki ukuran diameter 9,15 meter. Ditengah-tengah garis ini ditandai oleh titik yang biasanya sering digunakan sebagai tempat awal bola ditendang pada pembukaan permainan.
3.    Ukuran area penalti memiliki panjang 18 meter serta lebar 5,5 meter. Area ini ditandai dengan wilayah berbentuk kotak mengelilingi  wilayah gawang. Wilayah ini sendiri merupakan batasan hak seorang penjaga gawang untuk dapat memegang serta menyentuh bola dengan tangannya. Bila terjadi pelanggaran pada wilayah ini oleh pemain terhadap lawannya, tim lawan akan mendapatkan tendangan penalti langsung. Tendangan ini biasanya dilakukan pada jarak 11 meter dari gawang.
4.    Ukuran resmi gawang berdasarkan standari FIFA adalah memiliki tinggi 2,4 meter serta lebar 7,3 meter.

Demikianlah informasi ringkas mengenai sepak bola dan skema lapangan sepak bola beserta ukurannya. Semoga uraian ini bermanfaat.

Loading...
Selanjutnya : Hubungan Antara Pencernaan Mekanik dan Pencernaan Kimiawi
Sebelumnya: Jenis-Jenis Batuan Sedimen
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar