Ide Skripsi dari Skripsi Hukum Aborsi dalam Islam


Skripsi Hukum Aborsi dalam Islam merupakan sedikit dari banyaknya skripsi hukum Islam yang bisa dijadikan referensi dan ide ketika menyusun sebuah skripsi. Skripsi ini juga bisa menjadi bacaan penting yang menambah pengetahuan tentang hukum aborsi dalam Islam.

Apakah definisi dari aborsi dan hukumnya dalam Islam? Aborsi atau dengan kata lain disebut abortus ialah pengakhiran proses kehamilan dengan cara meminum obat atau bantuan dari seorang dokter.

Di dalam agama Islam, aborsi merupakan suatu hal yang sangat dilarang untuk dilakukan. Karena, di dalam Islam seorang pelaku aborsi dikatakan sebagai pelaku pembunuhan. Jadi hukum aborsi dalam Islam adalah haram.

Allah pun berfirman dalam surah Al An’am ayat 151, bahwa janganlah manusia membunuh anak-anak mereka hanya karena alasan kemiskinan, karena Allah akan menjamin rejeki kepada anak-anak itu dan orang tuanya untuk membesarkan.

Beberapa dalil pun menyebutkan hal yang serupa, bahwa menggugurkan kandungan atau aborsi adalah haram, apalagi jika aborsi tersebut dilakukan ketika kandungan sudah berusia 4 bulan, saat ruh sudah ditiupkan oleh Allah SWT. Tapi bukan berarti, sebelum 4 bulan, aborsi boleh dilakukan.

Tahapan Pengajuan Skripsi dengan Baik

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh mahasiswa ketika ingin membuat skripsi. Adapun proses yang harus dilalui mahasiswa dalam penyusunan skripsi yakni:

  1. Langkah pertama harus dilakukan mahasiswa yakni mengajukan judul skripsi.
  2. Setelah judul disetujui, mahasiswa harus melakukan langkah kedua yakni pengajuan proposal skripsi.
  3. Proposal skripsi telah jadi, tahapan berikutnya yang harus dilalui oleh seorang mahasiswa yakni melaksanakan atau menggelar seminar proposal skripsi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui tujuan serta perlunya mengangkat judul tersebut ke dalam tugas akhirnya.
  4. Proses penelitian dan pengumpulan data sudah bisa dilakukan setelah menggelar seminar proposal. Proses inilah yang cukup menguras waktu dan tenaga mahasiswa, karena harus mencari referensi yang cocok sebagai bahan teori pustaka untuk membenarkan tujuan penulisan skripsi tersebut.
  5. Setelah melakukan penelitian, proses penulisan harus segera dilakukan. Kemudian, mahasiswa harus mempresentasikan hasil karya ilmiahnya atau skripsinya di hadapan dosen penguji.
  6. Biasanya setelah mempresentasikan hasil skripsi, dosen penguji melakukan beberapa revisi pada skripsi yang telah ditulis oleh mahasiswa tersebut. Setelah melewati proses revisi, mahasiswa tinggal menunggu nilai, dan bisa mengikuti prosesi wisuda.

Skripsi Hukum Aborsi dalam Islam, jelas berisi tentang ajaran Islam yang berkaitan dengan aborsi. Skripsi tersebut pastinya juga harus dilengkapi dengan hadist dan dalil-dalil.

Selanjutnya : Contoh Lagu Diparafrasekan dalam Bentuk Prosa
Sebelumnya: Download Aplikasi Pintar untuk Hp Java
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar