Soal Uraian Tentang Bangun Ruang

Soal uraian tentang bangun ruang banyak dibutuhkan oleh para guru untuk mengetahui kemampuan siswa. Mengenai fenomena bangun ruang ini, sebenarnya banyak kita jumpai benda-benda yang menjadi refleksi dari bangun ruang. Misalnya saja bola, kelereng, bedug, corong, terompet dan kaleng minuman.

Benda-benda tersebut memang tidak asing lagi ditelinga kita. Lebih menyenangkan lagi jika kita bisa mengetahui berapa banyakanya benda itu dapat menampung air, udara serta berapa luas dan panjang dari kulit kaleng atau bola. Setelah memelajari lebih lanjut tentang materi ini diharapkan para siswa bisa memahami mengenai bangun ruang.

Dalam materi bangun ruang siswa harus bisa menghitung berapa luas tabung serta menghitung unsur tabung apabila luasnya diketahui. Menghitung luas dari kerucut serta menghitung unsur kerucut apabila luasnya telah diketahui. Menghitung luas dari bola serta menghitung bola jika luasnya sudah diketahui.

Selain itu juga untuk menghitung volume tabung serta menghitung unsur kerucut apabila volume sudah diketahui. Menghitung volume dari kerucut serta menghitung unsur kerucut apabila volume sudah diketahui.

Menghitung volume dari bola serta menghitung unsur bola apabila volume diketahui. Selain itu siswa juga bisa memecahkan masalah atau problem yang berkaitan dengan kerucut, bola serta tabung.

Contoh soal uraian tentang bangun ruang ialah :

1.    Ani sedang bermain bola, ia kemudian memasukkan bola tersebut ke dalam sebuah tabung. Ternyata diameter dari bola tersebut sama dengan diameter dari tabung. Diameternya ialah 12 cm dengan tinggi tabungnya ialah 20 cm dan phi 3,14. Coba hitunglah volume tabung ada di luar bola.

2.    Ada sebuah bandul timah yang dibentuk mirip dengan sebuah kerucut dan setengah dari bola. Jari-jarinya ialah 20 cm dengan jari-jari alas kerucutnya adalah 23 cm serta tingginya 30 cm. kira-kira berapa volume dari bandul tiah tersebut?

3.    Bonar membuat sebuah topi yang bentuknya kerucut dengan bahan dari kertas karton. Diketahui tinggi topi Bonar adalah 35 cm sedangkan diameter alasnya adalah 25 cm dengan phi 3,14. Berapa luas minimal karton yang perlu dipersiapkan Bonar?

4.    Suatu tangki yang bentuknya tabung tertutup dan memiliki jari-jari alas 14 cm serta tinggi 40 cm dan phi 3,14. Luas seluruh dari permukaan tangki ialah.

Itulah soal uraian tentang bangun ruang yang mungkin bisa membantu Anda yang sedang kesulitan mencari soal-soal materi bangun ruang.

Selanjutnya : Beberapa Konsep Pernikahan Fantastis
Sebelumnya: Macam-macam Bedak Two Way Cake Revlon yang Padat
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar

//adsnya disini