Cara Instal Software Laptop Baru


Ketika kita membeli laptop baru, biasanya tidak terinsatal windows di dalamnya. Hal tersebut dikarenakan laptop yang kita beli, tidaklah memiliki operasi sistem berbasis windows, kecuali dos saja. Untuk itu, diperlukan sebuah pengetahuan cara instal software laptop baru agar laptop bisa berfungsi dengan lebih baik.

Laptop hanyalah perangkat keras saja dan menjadi sebuah benda yang tidak memiliki fungsi manakala perangkat lunak yang dibutuhkan belum terpasang. Oleh karena itu, kita harus memasang perangkat lunak ke laptop baru agar laptop tersebut bisa segera dioperasikan.

Berikut adalah beberapa cara pemasangan perangkat lunak ke dalam sebuah laptop baru.

Instal Operasi Sistemnya Terlebih Dahulu
Agar laptop bisa dioperasikan dengan lebih baik, maka harus terpasang perangkat lunak. Perangkat lunak pada sebuah laptop adalah software dan operasi sistem. Untuk jenis operasi sistem yang biasanya terpasang pada sebuah laptop adalah window, linux, dan mac.

Operasi sistem yang paling umum digunakan oleh banyak orang adalah windows. Untuk menginstal windows caranya cukup mudah sekali, yakni tinggal masukkan cd windows ke dalam komputer dan ikuti petujunjuk yang ada ketika cd tersebut dinyalakan. Patut diketahui, bahwa settingan booting pada laptop harus menuju cd room terlebih dahulu.

Instal Driver yang Dibutuhkan
Ketika proses instalasi operasi sistem telah selesai dilakukan, maka langkah selanjutnya adalah menginsatal driver yang dibutuhkan oleh laptop tersebut. Biasanya driver yang butuh diintal pada laptop tersebut adalah driver vga, sound, lan card, wifi, dan webcam.

Instal Software Tambahan
Operasi sistem hanyalah sebagai dasar dalam menjalankan sebuah komputer saja, sedangkan jika kita ingin melakukan kegiatan lain, maka terpasang sebuah software yang sesuai dengan kebutuhan kita.

Misalnya saja, jika kita ingin melakukan pekerjaan kantor, seperti mengetik, mendata, dan presentasi, maka dibutuhkan software Microsoft Office untuk menyelesaikannya. Jadi,  kita harus menginstal Microsoft Office agar bisa melakukan kegiatan tersebut.

Demikianlah cara instal software laptop baru sehingga laptop bisa digunakan dengan maksimal. Selamat menikmati laptop baru.

Selanjutnya : Informasi Tentang Permainan Bulu Tangkis
Sebelumnya: Unsur Filsafat Administrasi Negara
 

Artikel Menarik Lainnya

Komentar